Pj Gubernur Adhy Tawarkan Kerja Sama Pariwisata, Industri Baja/Besi dan Energi ke Dubes India

Adhy Karyono dan Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste
Sumber :
  • Pemprov Jatim

Surabaya, Viva Jatim-Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima kunjungan kenegaraan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia dan Timor Leste, H.E Sandeep Chakravorthy dan Konsul Kehormatan India di Surabaya, Manoj Bhat di Gedung Negara Grahadi, Kamis, 29 Agustus 2024.

Pj Gubernur Adhy Sebut Hasil Cabor Renang di PON XXI Sesuai Target

Dalam pertemuan itu, Adhy dengan Dubes Sandeep membahas peluang kerja sama bilateral dalam berbagai bidang. Mulai dari pariwisata, industri baja/ besi, hingga energi.

"Kedatangan Dubes hari ini didasari oleh kedekatan dan kesamaan historis antara kedua belah pihak,” ujarnya.

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peran Pilar Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan di Jatim

Menurutnya, kedekatan ini didasari oleh beberapa kesamaan dalam hal agama, peninggalan kebudayaan dan kuliner. Selain itu, Jatim memiliki populasi pemeluk agama Hindu yang cukup tinggi. Sedangkan India mayoritas penduduknya beragama Hindu yaitu mencapai sekitar 80 persen penduduknya.

Oleh karena itu, kesamaan dalam keyakinan agama ini sedikit banyak memengaruhi kehidupan bermasyarakat, kuliner dan arsitektur. Seperti halnya, ada banyak candi peninggalan Kerajaan Majapahit menjadi bukti agama Hindu pernah menjadi agama yang besar di Jatim.

Pj Gubernur Adhy Buka Fesyar Regional Jawa 2024

“Kesamaan arsitektur dan pahatan candi yang mirip juga menunjukkan bahwa kedua daerah memiliki pengaruh budaya yang sama,” ungkap Adhy.

Dengan kesamaan inilah, Adhy menjelaskan potensi pariwisata Jatim seperti candi-candi di Singosari dan Trowulan beserta wisata Ijen, Madakaripura, Bromo, Malang dan Batu agar bisa menarik wisatawan dari India.

Halaman Selanjutnya
img_title