Multi Bintang Indonesa Gandeng Wehasta Wujudkan Zero Waste Lewat TPS3R di Mojokerto

Proses pemilahan di TPS3R Sampangagung Mojokerto.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Mojokerto, VIVA JatimMulti Bintang Indonesia (MBI) bersama Wehasta membangun dua TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce and Recycle) di Sampangagung dan Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Kader Lingkungan SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Gresik Belajar di TPS3R

Jeffry Christon selaku Sustainability and Partnership Manager MBI mengungkapkan, pembangunan TPS3R itu sebagai kontribusi aktif perseroan demi terciptanya lingkungan bersih di sekitar pabrik.

Tak hanya menyentuh urusan lingkungan semata. Jeffry juga menyebut, keberadaan unit pengelolaan sampah juga diharapkan mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat.

Dicicil 3 Tahun, Akhirnya Gresik Punya TPS3R Penghasil Briket dari Sampah

"Kami berharap adanya kolaborasi antara Wehasta, masyarakat Sampangagung beserta Multi Bintang Indonesia, TPS3R akan terus berlanjut dan bisa berkembang lebih baik lagi," pintanya.

Dengan berjalannya program pembangunan TPS3R, ia berharap upaya mewujudkan zero waste refill yang digaungkan Multi Bintang Indonesia sebagai perusahaan penganut circularity system semakin mudah dicapai.

Pesan Terakhir Mahasiswi UC Surabaya Sebelum Tewas Terjun dari Lantai 22

"Artinya sampah dari pabrik kami usahakan tidak ada yang mencapai ke pembuangan akhir. Dan kami sampai sekarang sudah memenuhi hampir 98 persen itu berkat komitmen bersama masyarakat Desa Sampangagung serta tim mitra kami Wehasta," jelasnya.

Selanjutnya Wahyu Satrio Aulia selaku Project Officer Wehasta menjabarkan, TPS3R Sampangagung berbeda dibandingkan dengan TPA pada umumnya. Bila TPA sebagai tempat akhir dari perjalanan sampah, maka di TPS3R sampah diolah terlebih dahulu dengan prinsip reuse, reduce and recycle.

Halaman Selanjutnya
img_title