Tingkatkan Pelayanan, Kemenkumham Jatim bakal Bangun 28 Autogate di Bandara Juanda

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono
Sumber :
  • Humas Kemenkumham Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kanwil Kemenkumham Jatim memulai pembangunan gerbang otomatis (autogate) di Tempat Pemeriksaan Imigrasi di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Diharapkan sistem autogate mulai beroperasi pada momen Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025.

KPU Tetapkan Paslon Idola dan Mubarok Berlaga di Pilbup Mojokerto

"Pemasangan autogate akan mempercepat dan mempermudah proses pemeriksaan keimigrasian," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Minggu, 22 September 2024.

Nantinya, lanjut Heni, di Bandara Juanda akan dipasang 28 autogate di area keberangkatan dan kedatangan penumpang. Dengan menggunakan teknologi terkini terkait pencocokan wajah (face match) dan validasi dokumen perjalanan (paspor).

Ribuan Biker Honda PCX 160 Jelajahi Eksotisme Gunung Lawu di Magetan

"Teknologi ini sudah terbukti mampu untuk mengidentifikasi penumpang secara cepat dan aman," urai Heni.

Sebelumnya, dua bandara internasional di Indonesia yaitu Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai telah terlebih dahulu menerapkan teknologi ini. Dampaknya mampu mengurangi jumlah antrian pemeriksaan dokumen perjalanan dengan cukup signifikan.

Diskusi Rembug Akur, Pemkab Gresik Siapkan Tenaga Lokal Dukung Kebutuhan Industri

"Dengan adanya autogate, Indonesia menunjukkan langkah maju dalam penerapan teknologi di sektor bandara. Ini adalah gerbang masuknya Indonesia ke era baru," ujar Heni.

Dalam pembangunannya nanti, Heni menjelaskan bahwa pihak Ditjen Imigrasi telah menunjuk vendor dan telah disinkronisasi dengan jadwal revitalisasi Bandara Internasional Juanda, khususnya di area imigrasi.

Halaman Selanjutnya
img_title