Prabowo Diingatkan soal Risiko Besar Tambah Jumlah Kementerian

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Munculnya kabar soal penambahan jumlah kemeterian dalam kabinet kepemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mendapatkan atensi dari seorang akademisi Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin

Pakar Desain: Kemasan Polos Persulit Konsumen Bedakan Rokok Legal dan Ilegal

Ia membeberkan, salah satu imbas yang akan muncul bila jumlah nomenklatur kementerian dalam pemerintahan Prabowo-Gibran benar terjadi adalah anggaran yang bertambah.

"Suka atau tidak suka pasti anggaran akan bertambah di tengah-tengah utang Indonesia yang besar dan defisit APBN yang juga tinggi," kata Ujang dilansir dari VIVA, Kamis, 26 September 2024. 

Jual Burung Dilindungi, Warga Mojokerto Ditangkap Polisi

Menurut dia, Prabowo tidak boleh gegabah menentukan jumlah kementerian yang dipimpinnya, meskipun Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengatakan bahwa Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBN) 2025 menjamin keleluasaan untuk menambah jumlah kementerian.

"Saya meyakini pak Prabowo akan mempertimbangkan itu, karena dia paham betul soal anggaran pembangunan lima tahun ke depan, yang tentu kalau nomenklaturnya ditambah ya anggaran pasti bertambah," ujar pria yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu.

Bantu Atasi TB di Gresik, PT Smelting Dapat Penghargaan dari Adinkes

Ujang menambahkan, masyarakat hanya bisa menunggu kebijakan dari presiden terpilih tersebut, karena semuanya merupakan hak prerogatif presiden dalam menentukan jumlah nomenklatur kementerian. "Semua 'kan belum tahu, apakah benar ada 44 kementerian seperti kata Ketua MPR Bambang Soesatyo atau di bawah itu, jadi lihat saja nanti," kata dia.

Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia itu juga yakin, Prabowo dan timnya tentu telah menyiapkan langkah untuk menyiasati jika memang ada penambahan nomenklatur, agar tidak sampai mengeluarkan terlalu banyak biaya. 

Halaman Selanjutnya
img_title