Pemprov Jatim Apresiasi Toko Kelontong dalam Perkuat Ekonomi

Pesta Retail Djawa Timoer 2022 oleh Sampoerna Retail Community
Sumber :
  • Istimewa

JatimPemprov Jatim mengapresiasi adanya SRC yang terus berupaya mengembangkan toko kelontong. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Andromeda Qamriah saat menghdiri acara Pesta Retail Djawa Timoer 2022 di lapangan Parkir Grosir Sidoarjo. Ia mewakili Gubernut Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah.

Ansor Jatim Respons Polemik Warung Madura: Itu Konsep Nyata Ekonomi Kerakyatan

Andromeda mengatakan, UMKM membutuhkan bantuan legalitas, digitalisasi, serta peningkatan sumber daya manusia dan produksi agar dapat naik kelas. Dengan demikian, toko kelontong dapat bergerak hingga ke tingkat nasional dan global.

Menurutnya, SRC, yang didukung dengan komunitas yang kuat, dapat membuat ekonomi di Jatim dan juga Indonesia semakin tumbuh dan berkembang. Ia berharap, pengembangan UMKM ini akan terus berjalan dan semakin luas.

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

“Bukan hanya di dalam penyediaan produk-produk pabrikan, tetapi juga di dalam memasarkan produk-produk unggulan lokal sehingga ada sinergi antara produk-produk pabrikan dengan produk-produk lokal yang berada di suatu daerah,” ujar Andromeda.

Sampai saat ini terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC.

3 Langkah Strategis Bank UMKM Jatim Hadapi Tantangan Bisnis Perbankan

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. 

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Halaman Selanjutnya
img_title