PDIP Berjaya di Surabaya, Pakar Politik Unair: Konsisten Garap Akar Rumput dan Dunia Maya

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijino
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimElektabilitas atau keterpilihan PDIP di Surabaya berada di posisi puncak elektabilitas menurut hasil survei Surabaya Survey Center (SSC), yakni 46,7 persen. Sedangkan parpol lain tidak sampai 9 persen.

Pilkada Lamongan 2024: Yuhronur Efendi Daftar di PDIP, Ketua PKB Daftar di NasDem

Pakar politik Universitas Airlangga (Unair), Hari Fitrianto, mengatakan ada tiga hal yang menjelaskan mengapa PDI Perjuangan bisa Berjaya di kota pahlawan.

Pertama, soal atribut. Saat rakyat ditanya, atribut partai apa yang sudah ada di rumah, sebanyak 43,5 persen jawaban responden adalah PDI Perjuangan. Sedangkan atribut apa yang paling banyak dilihat di luar rumah lagi-lagi PDI Perjuangan menjadi jawaranya dengan angka 55,9 persen.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

"Baru soal atribut saja, PDI Perjuangan sudah berjaya. Itu artinya apa? PDI Perjuangan mampu menguasai visualisasi kampanye di tingkat offline," kata Hari kepada media, Kamis 19 Januari 2022).

Kedua, lanjutnya, terkait gerakan kepartaian. Dengan dominasi  atribut tadi, menujukkan kader-kader banteng bergerak kompak dan sering turun ke masyarakat. Hal itu dibuktikan, responden survei yang menyebut PDI Perjuangan sering turun ke warga masyarakat di berbagai tempat sebanyak 50,5 persen.

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Ketiga, soal kampanye di media sosial (medsos). Hasil survei menunjukkan partai yang sering muncul di medsos juga PDI Perjuangan. Angkanya sebesar 55,5 persen.

"PDI Perjuangan sangat konsisten menggarap tiga hal ini. Yakni atribut, tim sukses dan kampanye di medsos. Konsistensi PDI Perjuangan menggarap dunia maya dan akar rumput inilah yang akhirya membuat elektabilitasnya sangat tinggi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title