Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Khofifah Indar Parawansa di acara IKA Unair Jawa Tengah.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Ketua Umum IKA Unair Khofifah Indar Parawansa mendukung upaya Unair dalam melakukan percepatan Indonesia maju melalui pendidikan. Upaya itu sebagaimana tergambar dalam buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Pendidikan  Indonesia Maju 2034 yang disusun Rektor Unair Mohammad Nasih.

Momen Istimewa Khofifah dan Gus Iqdam Bersua di Tanah Suci Mekah

Hal itu disampaikan Khofifah saat hadir dalam acara Halal bi Halal dan Reuni IKA Unair Jawa Tengah di Hotel Grasia Semarang pada Rabu lalu. Ada dua agenda penting dilaksanakan di forum ini, yaitu penyerahan SK Pengurus Cabang IKA Unair Solo dan penyerahan buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Pendidikan  Indonesia Maju 2034.

Menurut Khofifah, buku tersebut adalah jawaban atas tugas Presiden Jokowi saat datang ke Surabaya menghadiri temu tahunan ke 25  Forum Rektor Indonesia  di Unesa. “Beliau menyampaikan pentingnya merumuskan konsep percepatan capaian target Indonesia Emas,” kata Khofifah sebagaimana keterangan tertulis diterima Jumat, 3 Mei 2024.

PKB Dapat Sinyal Positif Kiai Marzuki Mustamar Bersedia Maju Pilgub Jatim

Jokowi, papar Khofifah, memberikan tugas agar akademisi dan alumni membuat konsep yang matang soal harapan tersebut. Khusus untuk bidang pendidikan , Prof Mohammad Nasih, Rektor Unair yang saat ini juga sebagai Ketua Wantim FRI 2024/2025 telah selesei merumuskan  konsep di bidang pendidikan, yaitu Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034,” ujar Khofifah.

Gubernur Jatim periode 2019-2024 itu menegaskan, buku tersebut akan dibedah dengan mengundang ahli yang memiliki kualifikasi sesuai bidangnya untuk mengupas lebih dalam buku tersebut. “Bedah konsep Pokok Pikiran Rektor Unair Jalan Pendidikan  Menuju Indonesia Maju 2034 di bidang pendidikan ini rencananya akan dilakukan di Jakarta pada tanggal 14 Mei 2024 mendatang,” terang Khofifah.

Bayu Airlangga Berpotensi Menang di Pilwali Surabaya, Ini Syaratnya

Di sisi lain, buku tersebut diserahkan di PW IKA Unair Jawa Tengah bukan tanpa tujuan. Sebab, IKA Jateng diminta untuk menyiapkan konsep bidang UMKM. “IKA Unair Jateng bisa turut kontribusi menyusun konsep percepatan kemajuan  digital on line bidang UMKM,” tandas Khofifah.

Menurutnya, untuk mencapai percepatan Indonesia Maju 2034 itu tidak hanya bisa dicapai dengan percepatan di bidang pendidikan saja, tapi juga di bidang lain, salah satunya kemajuan di sektor digital online UMKM.

Halaman Selanjutnya
img_title