Jangan Panik, Kemenkes RI Sebut 99 Persen Masyarakat Miliki Antibodi

Kemenkes RI, Budi Sadikin saat memberikan keterangan.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa sebaran virus Covid-19 sudah terkendali melalui vaksinasi. Sebab, sesuai survei terbaru, masyarakat Indonesia saat ini sudah terbentuk antibodi sebesar 99 persen.

Siap-siap Hadapi Pandemi Baru yang Lebih Mematikan dari Covid-19, Apa Itu?

"Alhamdulillah terkendali dan kita akan mengukur ketahanan masyarakat kita dengan zero survei. Kemarin baru keluar angkanya di naik dari 98,5 persen menjadi 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi kekebalan terhadap virus," ungkap Budi Sadikin kepada awak media di RSUD Dr Iskak Tulungagung, Kamis 2 Januari 2023.

Pria yang mendapat Sertifikasi Chartered Financial Consultant (CHFC) serta Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada 2004 ini mengungkapkan, level kekebalan ketahanan masyarakat naik dari angka 2000 menjadi 3.200.

Arab Saudi Mulai Perketat Aturan Penggunaan Masker untuk Jemaah Haji

"Itu kombinasi dari vaksinasi dan infeksi, terutama vaksinasi Booster. Kalau vaksinasi booster booster itu ketahanan antibodinya di level 5ribuan," bebernya.

Untuk itu, Budi Sadikin mengajak seluruh masyarakat memproteksi kembali melalui vaksinasi booster kedua. Pasalnya, saat ini sudah dibuka vaksinasi oleh Kemenkes bagi masyarakat umum

Wali Kota Surabaya Terbitkan SE Kewaspadaan Covid-19, Ini Isinya

"Jadi oleh karena itu teman-teman mumpung booster-nya sudah dibuka sekarang, buru-buru pakai itu," imbuhnya.

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero)  ini meminta sambungan doa supaya tidak ada lagi penyebaran kasus baru di Indonesia. Sebab, beberapa waktu lalu di negara-negara lain kasus baru sudah mulai merebak.

Halaman Selanjutnya
img_title