Polemik Fosfat di Sumenep Kembali Mencuat, Penolakan pun makin Menguat

Peta Sumenep dengan rencana usaha pertambangan
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Polemik Penambangan Galian C dan Fosfat di Kabupaten Sumenep, Madura, kembali mencuat ke permukaan. Pasalnya, sejumlah mahasiswa pada Jumat, 7 April 2023 kemarin melakukan demonstrasi di depan gedung DPRD setempat, guna menyoroti sejumlah persoalan yang masih belum terselesaikan. Termasuk dua pertambangan yang dinilai meresahkan masyarakat itu.

GP Ansor Surabaya Ancam Tolak Semua Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah, Begini Alasannya

Para mahasiswa itu menilai, bahwa pertambangan yang jelas-jelas merusak lingkungan itu dibiarkan begitu saja oleh pihak berwajib. Baik di tatanan eksekutif maupun legislatif. Belum lagi dari aspek legalitas izin usaha pertambangannya yang masih menimbulkan tanda tanya banyak pihak.

"Maraknya galian C ilegal dibiarkan begitu saja, sehingga ini akan berdampak pada kemiskinan yang ekstrem," ucapnya.

Sukses Pasang Rotary Kiln Shell Line 1, Ceria bakal Bangun Line 2 di 2024

Sejurus kemudian, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Sumenep juga menyoroti kasus yang sama. Mereka tengah membentuk tim khusus (timsus) untuk mengkaji dan meneliti terkait dampak yang terjadi akibat pertambangan itu yang dinilai merusak lingkungan.

Ketua PC ISNU Sumenep, KH Muhammad Husnan mengatakan bahwa timsus yang dibentuk akan fokus melakukan kajian dan riset mengenai dampak lingkungan yang terjadi akibat tambang tersebut. Sehingga nantinya ada upaya yang lebih serius dalam menyikapi persoalan yang meresahkan itu.

Sekolah Gerakan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

"Kami banyak menerima laporan dan keluhan dari masyarakat yang terdampak dari penambangan Galian C maupun penambangan fosfat," kata Kiai Husnan, dalam keterangan resminya, Minggu, 9 April 2023.

Perihal polemik pertambangan, khususnya fosfat, mengingatkan pada upaya penolakan yang sempat dilakukan oleh Forum Sumenep Hijau (FSH) sekitar dua tahun lalu. Finalnya, mereka membuat konsensus untuk menolak pertambangan fosfat yang sangat mengancam ekosistem kehidupan manusia di bumi.

Halaman Selanjutnya
img_title