Budidaya Jagung Silase Diharapkan Mampu Dorong Perekonomian Petani

Bupati Sumenep saat menanam jagung silase di Paberasan
Sumber :
  • Media Center Sumenep

Jatim – Pemerintah Kabupaten Sumenep terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani. Salah satunya dengan menggalakkan budidaya jagung silase sebagai bahan baku silase.

Bagikan Voucher Takjil Gratis, PWRI Sumenep Dukung Bupati Fauzi Hidupkan Pelaku UMKM saat Ramadan

Hal itu diwujudkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi dengan melakukan penanaman perdana jagung silase di Desa Paberasan, Kecamatan Kota Sumenep, Jumat kemarin, 28 April 2023. 

Bupati Fauzi menyebut bahwa budidaya jagung silase sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep. Sebab, perkembangannya akan membawa dampak positif bagi perekonomian petani. Karenanya diharapkan, budidaya jagung silase ini menyebar ke sejumlah daerah lain.

Sekolah Gerakan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

“Petani melalui budidaya silase tidak hanya mengambil jagung saja, melainkan seluruh bagian pohon bisa bermanfaat, seperti pakan ternak yang memberikan nilai secara ekonomi bagi petani,” kata Bupati di sela-sela kegiatannya, dilansir dari Media Center Sumenep.

Pihaknya berharap, petani terus mengembangkan budidaya jagung yang dilakukan secara modern, dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya.

Mak Ganjar Jatim Buka Pelatihan Ecoprint di Sumenep, Ajari Membatik Menggunakan Daun

"Silase ini bisa menjadi potensi di Kabupaten Sumenep, jadi penanam jagung ini harus terus dikembangkan di daerah-daerah lainnya," ujar Bupati. 

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi menambahkan, jagung silase yang ditanam di wilayah Desa Paberasan seluas 10 hektar, dengan sistem bertahap.

Halaman Selanjutnya
img_title