Rekonstruksi Pembunuhan Siswi SMP di Mojokerto, Terungkap Fakta dan Peran Dua Pelaku

Rekonstruksi Pembunuhan Siswi SMP di Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Akhirnya, rekonstruksi pembunuhan siswi SMP yang jasadnya dibuang di parit bawah jembatan rel Kereta Api (KA) Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Mojokerto digelar Penyidik Satreskrim Polres Mojokerto Kota.

3 Pelaku Sindikat Penggelapan Mobil Rental Milik Warga Mojokerto Diringkus

Rangkain rekonstruksi di gelar di pelataran joglo Satsamapta Polres Mojoketo Kota pada Senin, 19 Juni 2023. Tersangka AA (15) dan Mochammad Adi (19) dihadirkan secara langsung. Sementara korban menggunakan pemeran pengganti. 

Rekontruksi ini menjadi momen tersangka AA (pertama kali muncul ke publik setelah ditangkap Polisi pada 12 Juni 2023 lalu. Dimana, AA merupakan esekutor pembuhun siswi berinisial AE (15). Namun, wajah tersangka AA dan MA ditutupi dengan kain sebo warna hitam. 

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Sebanyak 35 adegan yang diperagakan oleh kedua pelaku. Rangkaian adegan rekonstruksi dimulai sejak perencanaan oleh pelaku, pelaksanaan eksekusi, pemerkosaan, hingga pelaku membuang jasad korban di parit bawah jembatan rel KA. 

Dalam kesempatan ini, juga diikuti jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto. Kehadiran jaksa penuntut umum untuk memastikan reka adegan yang dilakukan sesuai dengan berita acara pemeriksaan.

Suami Tega Habisi Istrinya dengan Cara Dicekik, Pelaku Malah Coba Bunuh Dirinya

"Ada 36 adegan. Tujuannya untuk memperdalam dan membuat terang benerang fakta-fakta yang dilakukan kedua pelaku agar ada kesesuai dengan keterang pelaku," kata Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota AKP Bambang Tri Sutrisno kepada wartawa usai rekonstruksi. 

Berdasarkan pantauan Vivajatim, detik-detik AA membunuh AE terjadi pada adegan ke-3. AA menghabisi nyawa AE dengan cara mencekik di area persawahan belakang rumahnya yang terletak di Dusun Kemlagi Barat, Desa/Kecamatan Kemlagi. 

Halaman Selanjutnya
img_title