Pungli di Rutan KPK Diduga Gunakan Lebih dari Satu Rekening

Peresmian Rutan KPK
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA JatimPungutan liar (Pungli) di Rumah Tahanan (Rutan) KPK yang nilainya tak main-main, yakni mencapai Rp 4 Miliar berhasil diungkap oleh Dewan Pengawasan (Dewas) KPK.

Gus Muhdlor Ditahan KPK, Surat Tugas Plt Bupati Sidoarjo segera Diteken

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengatakan dalam praktiknya, diduga ada lebih dari satu rekening yang terlibat dalam pungli di rutan KPK itu "Saya lupa tapi lebih dari satu rekening," ujar Syamsuddin kepada wartawan, Jumat 23 Jumi 2023.

Syamsudin juga mengatakan bahwa diduga puluhan pegawai rutan KPK terlibat dalam pungli tersebut. "Diduga yang terlibat bahkan puluhan pegawai rutan KPK," kata dia. 

KPK Tahan Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo

Syamsuddin pun meminta kepada publik untuk menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan oleh lembaga antirasuah saat ini. Sebab, KPK telah memberikan respons dan menyebut akan bertindak tegas pada orang-orang yang ikut terlibat pungli.

"Tunggu saja hasil penyelidikan KPK karena Dewas sudah menyerahkan dugaan tindak pidana yang dilakukan para staf pengelola rutan KPK tersebut kepada Pimpinan KPK," ucap dia. 

Eks Bupati Probolinggo akan Jalani Sidang TPPU, Kemenkumham Jatim Dukung Upaya KPK

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mencopot pegawai yang diduga terlibat dalam kasus dugaan pungutan liar (pungli) di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Jakarta Timur cabang Gedung Merah Putih. Rencana ini merupakan tindak lanjut dari proses pengusutan pungli yang mulai dilakukan KPK.

"Kami akan melakukan pembebasan sementara dari tugas jabatan terhadap pihak yang diduga terlibat," kata Sekjen KPK Cahya H Harefa kepada wartawan, Rabu, 21 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title