Warga Binaan Lapas Tulungagung Menikah di Penjara, Tangis Haru Pecah saat Ijab Kabul

Suasana akad nikah mempelai berada di Lapas Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim- Lapas Tulungagung Kanwil Kemenkumham Jatim kedatangan rombongan tamu yang berpakaian rapi dan ada perempuan ayu seperti permaisuri. Ternyata, salah satu tahanan sedang melangsungkan pernikahan dengan khidmat dan penuh haru.

Berkah Idul Fitri, 16.691 Warga Binaan Lapas/Rutan Jatim Dapat Remisi Khusus

Kalapas Tulungagung, Raden Budiman P Kusumah menjelaskan warga binaannya yang melangsungkan ini adalah AW. Ia merupakan merupakan tahanan dari Pengadilan Negeri Tulungagung kasus narkotika, masuk di Lapas Tulungagung sejak 21 Maret 2023 silam.

"Suasananya tadi khidmat, ada nangis-nangisnya dikit. Pas ijab kabul kedua duanya nangis, berkaca-kaca, jadi kesan mendalam di penjara," ungkap Raden Budiman P Kusumah kepada awak media, Senin, 10 Juli 2023.

Kanwil Kemenkumham Jatim Usulkan 16.608 Warga Binaan Peroleh Remisi Khusus Idul Fitri

Awalnya, pihak Lapas pada hari Jum'at, 7 Juli 2023 mendapat surat dari Kepala Desa dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kedungwaru. Menerangkan ada salah satu warga binaan yang akan melangsungkan pernikahan. Atas dasar itu, lembaga merespon, mengklarifikasi akan dilaksanakan nikah sederhana di dalam lapas.

Budiman mengatakan kepada pihak keluarga untuk memberikan opsi lokasi akad nikah berada di ruangan atau di masjid lapas. Akhirnya pihak keluarga kedua mempelai memilih di dalam ruangan supaya lebih nyaman dan tidak terganggu warga binaan lainnya. 

Monev Pelayanan Pemasyarakatan selama Ramadan, Kemenkumham Jatim: Momentum Saling Bertukar Pikiran

"Kita fasilitasi alhamdulillah lancar. Tentunya ini (pernikahan) merupakan hak warga binaan yang pendataannya melekat," bebernya.

Budiman menambahkan pernikahan di Lapas adalah hak tahanan atau narapidana selama menjadi warga binaan. Prosesinya dapat diberlangsungkan jika memenuhi syarat substantive dan administrasi lengkap seperti dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. 

Halaman Selanjutnya
img_title