Khofifah Dorong Penerapan Pakaian dan Bahasa Daerah Bagi SMA Sederajat

Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Daerah Jenjang SMA
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong penerapan pakaian adat dan bahasa daerah bagi pelajar SMA sederajat setiap satu hari dalam seminggu. Sebab, bahasa dan budaya adalah dua unsur interaksi sosial yang harus dijaga kelestariannya.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Hal itu diungkapkan Gubernur Khofifah saat membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Daerah Jenjang SMA Tingkat Provinsi Jatim Tahun 2023 di Hotel Montana Dua, Kota Malang, Senin malam, 10 Juli 2023.

"Dari peningkatan kompetensi ini mari kita didik anak-anak untuk bercakap Bahasa Daerah dan memahami akar budaya daerahnya. Terlebih, tiap daerah di Jatim memiliki budaya masing-masing. Madura  beda, Banyuwangi beda, Mataraman beda, Arek beda dan pantura beda juga," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Selasa, 11 Juli 2023.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Khofifah lantas menyebut bahwa bahasa dan budaya adalah dua unsur penting dalam menanamkan karakter berkualitas bagi generasi bangsa. Produk budaya yang ada, bila diterapkan dengan baik akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan masa depan bangsa dan negara.

"Mari kita pahami semua produk budayanya. Terutama tatakrama dan unggah ungguh yang menjadi bagian penting sebagai representasi budaya Jawa Timur," tambah Khofifah.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Lain daripada itu, Gubernur Khofifah juga menyampaikan pentingnya revitalisasi bahan ajar, metodologi serta peran guru bahasa daerah sebagai ujung tombak pembangunan karakter dan pelestarian budaya daerah.

Menurutnya, guru bahasa harus bisa mengajarkan karakter  penuh kearifan ditengah gencarnya arus digital teknologi yang bisa menggerus berbagai kearifan lokal.  Seperti cara berbicara atau menyampaikan pesan dengan sosok yang lebih tua, seumuran, dan yang lebih muda. Ada tata krama yang harus dijaga.

Halaman Selanjutnya
img_title