Pantai Klatak Tulungagung Diserbu Ratusan Relawan, Bersihkan 100 Kg Sampah Plastik

Suasana relawan membersihkan Pantai Klatak
Sumber :
  • Dokumentasi Fugana

Tulungagung, VIVA Jatim –Hingga saat ini sampah masih jadi pemandangan yang tak mengenakkan di beberapa pantai di Tulungagung, salah satunya di Pantai Klatak

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Relawan kebersihan berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 100 Kg yang tidak terurai. Kegiatan bersih-bersih Pantai Klatak, jalan Pantai Waru Doyong Klatak Desa Keboireng, Kecamatan Besuki ini dalam rangka peringatan anniversary ke-4 Fugana (Forum Tanggap Bencana).

Kepala Laboratorium Ecoton Rafika mengungkapkan bahwa relawan berhasil membersihkan sampah sebanyak 20 karung dengan jumlah berat 100 Kg. Saat melakukan clean up, relawan juga menemukan sachet sabun yang di produksi tahun 90-an.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Plastik sachet tersebut tertimbun di sedimen pesisir pantai. Juga ditemukan sampah sampah plastik yang tertimbun di bawah batu dan sedimen pantai dengan berbagai plastik," ungkap Rafika diterima VIVA Jatim, Senin, 17 Juli 2023.

Menurutnya, sampah plastik merupakan salah satunya dihasilkan dari kegiatan wisatawan pantai, yang masih membuang sampah sembarangan. Tidak sedikit sampah plastik yang dihasilkan oleh pengunjung, menyebabkan tempat sampah dibeberapa spot meluap sampai tercecer ke lingkungan.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Sampah plastik yang telah dikumpulkan dapat terdegradasi menjadi potongan potongan plastik mikro atau disebut mikroplastik," bebernya.

Senada dengan hal itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Tito Konsina Putra menjelaskan bahwa antusiasme peringatan tahun ini cukup tinggi, yang berangkat dari kepedulian teman-teman terhadap masalah sampah. Total ada 150 relawan gabungan yang ikut berpartisipasi.

Halaman Selanjutnya
img_title