Wujud Rasa Syukur, Pantai Sidem Tulungagung Lakukan Larung Sembonyo

Suasana Larung Sembonyo Pantai Sidem Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim – Banyak cara dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas keselamatan dan melimpahnya hasil tangkapan nelayan. Salah satunya, seperti acara yang dilaksanakan oleh nelayan di Pantai Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, yaitu menggelar upacara adat Larung Sembonyo

Populasi Landak hingga Elang di Gunung Budeg Tulungagung Terancam Akibat Karhutla

Dalam acara tersebut, nelayan melarung berbagai bahan sesaji sebagai bentuk syukur atas hasil laut yang dinikmati warga selama ini. Larung Sembonyo yang digelar setiap tahun juga sebagai bentuk mengangkat wisata pantai tersebut, yang selama ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sekitar.

Ketua Pokdarwis Pesona Bukit Nawangwulan, Sumarianto menjelaskan Larung Sembonyo rutin digelar setiap tahun pada bulan Suro (penanggalan Jawa) atau Bulan Muharram sistem kalender Hijriyah

Gunung Budeg Tulungagung Empat Kali Dibakar Seseorang, Satwa dan Masyarakat Kena Dampaknya

Bukan hanya melarung sesaji ke laut, nelayan juga menyiapkan tumpeng berukuran besar berisi aneka hasil bumi. Pasalnya, di wilayah sekitar Pantai Sidem, warga juga mengelola pertanian.

"Tak hanya hasil laut, beberapa warga ada juga yang bertani. Kami menyiapkan juga tumpeng raksasa berisi hasil bumi untuk diperebutkan warga," ujar Sumarianto, Kamis, 10 Agustus 2023.

Dulu Sawah, Nangkula Park Tulungagung Kini Jadi Wisata Murah Favorit Keluarga

Sebelum dilarung, tumpeng dan sesaji dibawa mengelilingi kampung oleh warga. Arak-arakan diiringi kesenian daerah setempat. Usai arak-arakan, tumpeng diletakkan di lapangan dan menjadi rebutan warga.

Sementara, sesaji dibawa ke tepi pantai untuk dilarung. Tetua adat memimpin doa di tepi laut sebelum prosesi Larung Sembonyo. Doa dipanjatkan dengan Bahasa Jawa Krama yang secara turun temurun di wariskan oleh setiap dongke —sosok yang dituakan.

Halaman Selanjutnya
img_title