Lindungi Generasi Muda dari Paham Radikalisme, BNPT Jatim Gelar Karakter ID

Acara Karakter ID BNPT Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur menggelar kegiatan seminar Kampus Rakyat Terpilih Indonesia (Karakter ID) di The Southern Hotel Surabaya pada Selasa-Rabu, 15-16 Agustus 2023.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini diikuti oleh 30 peserta utusan dari beberapa kampus dan sekolah terpilih yang ada di Jawa Timur.

Direktur Pencegahan BNPT RI yang diwakili Ketua FKPT Jawa Timur Dr. Hesti Armiwulan, S.H., M.Hum., mengatakan kegiatan Kampus Rakyat Terpilih Indonesia (KARAKTER ID) yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya BNPT dalam meningkatkan peran serta pemuda dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian guna mencegah dan menanggulangi radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

“Seiring kemajuan teknologi dan informasi yang saat ini, pemuda dihadapkan pada sebuah system digital dalam semua sendi kehidupan. Baik berinteraksi dengan teman, keluarga atau siapapun, informasi dengan mudah dapat di akses baik informasi yang benar ataupun tidak, dengan adanya kegiatan ini berusaha menyebar dan mencegah faham radikalisme dan terorisme,” ungkap Hesti.

Hesti menambahkan, saat ini di Indonesia, kelompok pemuda menduduki hampir seperempat dari total penduduk yaitu sekitar 23,90 % atau sekitar 64,92 juta jiwa (BPS, 2021) yang di dominasi oleh pemuda dengan usia 19-24 Tahun. Tak heran bila pemuda menjadi salah satu kelompok yang rentan menjadi sasaran penyebaran paham radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

“Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa, pemuda sebagai subjek aktif yang harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap bahaya ekstremisme dan terorisme, serta mampu mengambil peran aktif dalam menjaga perdamaian dan keamanan,” tambah Hesti.

Pengembangan Karakter

Halaman Selanjutnya
img_title