Ndalem Pojok Bung Karno Kediri Gelar Upacara Kemerdekaan 2 Kali: Luruskan Sejarah!

Suasana Upacara di Situs Ndalem Pojok Bung Karno Kediri
Sumber :
  • Haafidh Nur SY/Viva Jatim

Kediri, VIVA Jatim –Ratusan orang mengikuti upacara dalam memperingati kemerdekaan Indonesia ke 78 di Rumah Persada Sukarno atau Situs Ndalem Pojok Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri pada  Kamis 17 Agustus 2023.

7 Keajaiban Dunia yang Baru Ini Wajib Kamu Tahu, Bikin Takjub dan Terkesima

Setiap tahun, Ndalem Pojok Bung Karno mengadakan dua kali upacara bendera. Kedua upacara tersebut adalah peringatan Proklamasi pada tanggal 17 Agustus  dan mensyukuri berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 18 Agustus.

Ketua Harian Rumah Persada Sukarno, Kushartono mengungkapkan, berdasarkan fakta sejarah, 17 Agustus 1945 merupakan momentum kemerdekaan bangsa Indonesia, sementara sehari setelahnya, 18 Agustus 1945, adalah lahirnya Negara Republik Indonesia.

Menilik Sejarah Kabupaten Kediri yang Berusia 1220 Tahun

Kegiatan itu juga menjadi ikhtiar untuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang ratusan tahun menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. 

“Untuk itu temanya adalah 17 agustus kemerdekaan bangsa, bukan kemerdekaan republik Indonesia karena republik Indonesia tidak pernah dijajah. Sebelum 17 Agustus belum ada (terbentuk) Republik Indonesia,” tegas Kushartono kepada Viva Jatim.

Penutupan Magang Taruna, Kapolres Gresik: Semoga Jadi Polri Profesional

“Kami meyakini bahwa yang merdeka itu bangsa. Yakni orang-orangnya. Kalau negara itu ada ketika bangsa sudah merdeka,” sambungnya.

Kushartono mengatakan, sudah saatnya di era digital di tengah dunia yang berkembang pesat ini, informasi sejarah bisa diluruskan. Menurutnya, bagaimana bisa negara ada apabila bangsa, atau masyarakatnya belum merdeka. 

Halaman Selanjutnya
img_title