Meriahkan HUT RI ke-78, Mabes Polri dan Polda Jatim Tanam Ribuan Pohon Di Kenjeran Surabaya

Mabes Polri dan Polda Jatim Tanam Ribuan Pohon
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Perayaan  HUT RI ke-78 dimaknai oleh Mabes Polri, Polda Jatim  dan stake holder dengan menanam berbagai jenis pohon di komplek Kenjeran Park, Jumat 18 Agustus 2023. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Karodalpers SSDM Polri Brigjenpol Nurworo Danang didampingi Karo SDM Polda Jatim Kombespol Harry Kurniawan menyatakan, kegiatan penanaman pohon dalam upaya penghijauan itu dilaksanakan serentak di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut Danang, kegiatan kali ini adalah bentuk kepedulian Polri dalam upaya penghijauan. Diketahui, acara puncak, akan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Labuhan Bajo pada kegiatan Asean Manestrial Metting. 

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

"Ini adalah bagian dari soft lauching dari penanaman pohon secara serentak oleh bapak AS SDM Polri yang dilakukan di sepuluh lemdiklat dan juga polda-polda jajaran," ujar Danang.

"Saya mewakili Polda Jatim melakukan penanaman pohon di kawasan Kenjeran Park. Ada beberapa jenis pohon yang ditanam antara lain, pohon tabebuya untuk pohon keindahan dan pohon bakau yang ditanam di kawasan hutan mangrove untuk kelestarian ekosistem," imbuh Danang.

Polda Jatim Ungkap Kasus Penipuan Senilai Rp11,2 M Berkedok Kerjasama Bisnis

Danang menyebutkan, upaya penanaman pohon sejak dini ini adalah untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem, Khususnya dari dampak pemanasan global akibat perubahan iklim yang anomali dan terjadinya perubahan iklim di beberapa wilayah dan juga kondisi yang diakibatkan fenomena alam kemarau panjang yang terjadi di indonesia.

"Akibatnya juga berdampak berkurangnya sumber air, berkurangnya pengarian untuk pertanian dan juga berkurangnya sumber air bersih. Yang menyebabkan kekurangan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Nah, dampak dari kurangnya air juga berakibat mudah terbakarnya lahan dan hutan di beberapa wilayah di Indonesia," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title