Komitmen Tabsyir Masykar Dosen di Meulaboh Berantas Buta Huruf Al-Quran

Tabsyir Masykar
Sumber :
  • Viva.co.id

Aceh Barat, VIVA Jatim-Tabsyir Masykar, salah satu Dosen STAIN Meulaboh yang ahli di bidang ilmu Al Quran dan Tafsir di tempat dimana ia mengajar memiliki tujuan mulia yaitu memberantas buta huruf Al-Qur'an di kampung halamannya yaitu Ujong Tanoh Darat Kabupaten Aceh Barat. 

Wisuda Ke-12, STAI Al Fithrah Cetak 113 Sarjana

Di atas Balee itu kini ada puluhan anak anak belajar Al-Qur'an dari mulai Aleh Ba, tajwid dan ilmu agama dasar lainnya. Selain mengajar, Ia juga sangat aktif berdakwah di mimbar-mimbar serta pengajian sejak 2015. 

Namun balai pengajian itu tak pernah ia tinggalkan, meski di tengah kesibukannya. Bahkan ia telah mengurangi jadwal di luar agar bisa lebih fokus mengajar di Balee itu. 

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Sebagai seorang muslim tentu apapun yang kita lakukan termasuk mendirikan balai pengajian hanya mengharap keridhaan Allah. Melihat kondisi sekitar tempat tinggal saya banyak sekali anak-anak belum bisa membaca Al Quran," ungkap Tabsyir Masykar, dilansir situs resmi Kemenag, Sabtu 26 Agustus 2023.

"Bukan hanya anak-anak saja, bahkan orang tuanya pun sebagian belum bisa baca Al-Qur'an. Jadi saya termotivasi untuk membuka balai pengajian untuk anak anak dan orang tuanya," lanjutnya.

PWI Tulungagung Hadiri HPN Jatim: Menimba Ilmu Sesama Anggota

Pria berusia 36 tahun itu juga merupakan seorang dosen di STAIN Meulaboh, Aceh Barat. Ia mengajar mata kuliah Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Ia juga aktif dalam beberapa penelitian.

"Sebagai seorang dosen, saya menyadari pentingnya membagi waktu antara pengajaran, penelitian, dan pengabdian," tutur Tabsyir Masykar

Halaman Selanjutnya
img_title