Pendistribusian 1,2 Ton Beras Kendalikan Harga Beras di Trenggalek

Suasana pendistribusian beras.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA JatimHarga beras akhir-akhir ini mengalami kenaikan di pasaran membuat Pemkab Trenggalek bekerjasama dengan Perum Bulog distribusikan beras murah kepada pengecer di Pasar Subuh. Total pendistribusian sebanyak 1,2 ton kemasan 5 kg.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Sekda Trenggalek, Edy Soepriyanto menjelaskan pendistribusian tersebut guna mengendalikan inflasi harga beras yang mulai naik. Selain di Pasar Subuh, juga dilakukan di Pasar Bendo Kecamatan Pogalan.

"Hari ini adalah hari kedua pendistribusian beras dari Bulog dalam rangka pengendalian inflasi. Kedua terkait dengan ketersediaan pangan kita," beber Edy Soepriyanto melalui keterangan resminya, Jum'at, 8 September 2023. 

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Pria yang pernah menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Trenggalek itu menambahkan, untuk pendistribusian pertama dilaksanakan di Pasar Basah dan di Pasar Bendo. Pihaknya berharap dengan distribusi beras murah, mampu meningkatkan daya beli masyarakat serta menjaga ketersediaan beras di pasaran.

"Harapannya dengan operasi pasar ini dapat mengendalikan harga sehingga daya beli masyarakat dapat terjangkau," tutupnya.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Ia mengatakan, pihaknya mendistribusikan 1,2 tob beras dalam kemasan 5 kg. Untuk harga per kilonya Rp 10.400 atau per kemasan 5kg Rp 52.000 kepada pengecer. Lalu, untuk pengecer bisa menjual sebesar Rp. 10.900 per kilo atau Rp. 54.500 per kemasan, harga sama dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). 

Senada, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Komindag) Kabupaten Trenggalek, Saniran mengungkapkan harga beras kemasan 5 kg kisaran Rp 61.000 hingga Rp. 65.500, harga tersebut sesuai dengan kualitas beras. Tentunya harga ini sangat jauh dibandingkan dengan harga beras murah distribusi Bulog diangka Rp 54.500. 

Halaman Selanjutnya
img_title