Ganjar Creasi Bekali Warga Kota Batu Cara Buat Komposter Kurangi Sampah Rumah Tangga

Peserta pelatihan komposter Ganjar Creasi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Kota Batu, VIVA Jatim –Generasi Alumni Muda UB-ITS -UNAIR bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) menggandeng praktisi pengolahan sampah, menggelar pelatihan pembuatan komposter pada Sabtu, 16 September 2023. 

Kawal Coblosan Pilpres, TPD Ganjar-Mahfud Jatim Kerahkan Ratusan Ribu Relawan di TPS

Pelatihan yang diadakan di Jalan Mbah Joyo, Bumiaji, Kota Batu itu dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga dengan cara ramah lingkungan.

“Harapannya seluruh warga per kartu keluarga membuat komposter di rumah. Kami perlu mandiri,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) G-Creasi Jatim, Ilham Hasan di lokasi. 

Kabar Duka, Seniman Ternama Blacius Subono Meninggal Dunia di Kampanye Ganjar

Komposter adalah alat untuk membuat kompos yang berasal dari bahan dasar sampah basah atau sampah organik yang mudah membusuk, seperti sisa makanan, daun, hingga rerumputan. 

Dalam pelatihan tersebut, warga Kota Batu diajarkan membuat komposter dengan bahan dasar pipa paralon, elbow, dan ember tong sebagai wadah sampah. Kemudian ember itu dimasukkan maggot atau belatung sebagai pengurai sampah rumah tangga. 

Puluhan Jurnalis-Persma Ikuti Pelatihan Indepth Reporting Jayabaya Institue AJI Kediri

“Tadi juga dijelaskan tentang budidaya maggot. Jadi maggot dan komposter itu merupakan rantai yang berkesinambungan. Ketika kita memanfaatkan sampah, lebih baiknya juga kita memelihara maggot itu sendiri,” kata dia. 

Menurut Ilham, nantinya komposter itu juga bisa menciptakan nilai ekonomi bagi warga. Pasalnya hasil penguraian sampah oleh maggot dapat dijual kembali sebagai pakan ternak seperti ayam, burung, atau lele. 

Halaman Selanjutnya
img_title