Musim Kemarau, Waduk Wonorejo Tetap Suplai Air Ribuan Hektar Persawahan

Waduk Wonorejo Tulungagung tampung 109 juta meter kubik air
Sumber :
  • Instagram @jalanjalantulungagung

Tulungagung, VIVA Jatim –Salah satu waduk terbesar di Indonesia adalah Waduk Wonorejo yang terletak di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Meski di musim kemarau, waduk tetap menyuplai untuk kebutuhan irigasi persawahan ribuan hektare.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Kepala Sub Divisi Jasa ASA I/3 Perum Jasa Tirta I, Indra Nurdianyoto menjelaskan saat ini musim kemarau Waduk Wonorejo mempunyai Rencana Tahunan Operasi Waduk (RTOW) 169,92 meter. Waduk Wonorejo akan terus melakukan rilis atau pelepasan air hingga nanti masa pengisian di musim penghujan November 2023.

"Posisi periode sekarang kita waktunya rilis air ke hilir. Hilirnya Irigasi Pahingan daerah Kecamatan Gondang luasan 551 hektar. Layanan irigasi di Kauman 1.378 hektar,  Brader dan di Kluwih, total kita yang di Kali Song 1.800 hektar," ungkap Indra Nurdianyoto saat dikonfirmasi, Kamis, 21 September 2023.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

Waduk yang menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara ini menurutnya, tak hanya memasok air untuk irigasi persawahan. Melainkan juga berbagai kebutuhan air lainnya mulai dari pembangkit listrik, industri, hingga PDAM di wilayah Tulungagung.

"Termasuk juga menyuplai Pabrik Gula Mojopanggung, 250 liter/detik dan juga untuk tambahan suplai ke Sungai Brantas," bebernya.

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

Indra menjelaskan untuk penurun volume harian, bendungan yang diresmikan pada tanggal 21 Juni 2001 oleh Wakil Presiden Indonesia saat itu, Megawati Sukarnoputri ini mengalami penurunan 13 sampai 15 cm per hari.

Ia menyarankan untuk pola tanam area persawahan mengikuti dari Dinas Pertanian Tulungagung dan juga dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title