KPK Buka Suara soal Kabar Mentan SYL Sudah Lama Jadi Tersangka

Ilustrasi KPK
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) dikabarkan sudah lama menjadi tersangka dalam dugaan korupsi di Kementan RI. Kabar tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri pun angkat bicara.

Survei KPK, Skor Integritas 2023 Pemkab Mojokerto Naik di Atas Nasional

Firli Bahuri lantas menjelaskan kalau penanganan dugaan korupsi di Kementan dilakukan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

"Tadi sudah saya sampaikan ya, sudah saya sampaikan. Semua proses penegakan hukum itu melalui proses sesuai dengan ketentuan hukum pidana," ujar Firli Bahuri dikutip dari VIVA, Jumat 6 Oktober 2023.

Mantan Bupati Malang Rendra Kresna Bebas Bersyarat Usai Peroleh Remisi 14 Bulan

Kendati demikian, Firli Bahuri tak menjelaskan secara gamblang terkait dengan status hukum Syahrul Yasin Limpo saat ini. Dia hanya menerangkan penetapan tersangka dilakukan melalui proses pengumpulan barang bukti hingga pemeriksaan saksi.

"Pengumpulan barang bukti, pemeriksaan saksi-saksi sehingga membuat terangnya suatu peristiwa pidana. Baru ada tersangkanya, jadi gitu aja ya," ungkapnya.

Eks Kajari Bondowoso Terbukti Terima Suap, Divonis 7 Tahun Bui

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengaku sudah mendapatkan informasi bahwa Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh Penyidik KPK.

“Bahwa dia sudah tersangka? Ya saya sudah dapat informasinya. Malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama kalau tersangka, tapi resminya sebagai tersangkanya itu ya sudah dikeluarkanlah,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title