Ratusan Jiwa Warga Palestina Meninggal, Kemenag Himbau Umat Islam Laksanakan Solat Ghoib

Dua jurnalis Palestina meninggal dunia di jalur Gaza
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Kementerian Agama mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat Ghaib sebagai bentuk kepedulian terhadap ratusan jiwa yang meninggal dunia akibat konflik Israel-Palestina di jalur Gaza dan Tepi Barat.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib di Jakarta.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada kejadian konflik kemanusiaan di Palestina, kami mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat Ghaib dan qunut nazilah,” ujar Adib dalam keterangannya, dikutip Sabtu 14 Oktober 2023. 

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Hingga Rabu, 11 Oktober 2023, diketahui korban tewas akibat konflik mencapai 2.327 orang. Kementerian Kesehatan Palestina mencatat setidaknya 1.100 orang tewas dan 5.339 lainnya terluka.

Diketahui, selain korban jiwa, warga Palestina di jalur Gaza juga mengalami kerugian materi yaitu pemutusan pasokan air, bahan bakar, listrik, dan makanan. 

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Selain keterbatasan logistik, kondisi warga Gaza juga semakin diperparah dengan langkanya pasokan gas untuk memasak. Tidak ada lagi bangunan yang utuh, yang tertinggal hanyalah puing-puing. 

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI mengungkap sebanyak 129 WNI masih berada di Palestina, mereka memilih untuk tidak dievakuasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title