Jelang Pemilu 2024, Polda Jatim Pelototi Medsos Tiap Hari Cegah Kampanye Hitam

Polda Jatim Pelototi Medsos Tiap Hari Cegah Kampanye Hitam
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Tim Siber Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memelototi setiap unggahan yang ada di media sosial (medsos) terutama postingan seputar Pemilu 2024 untuk mencegah adanya black campaign alias kampanye hitam.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Bila dijumpai unggahan bernarasi kampanye hitam, Tim Siber Polda Jatim akan segera mentake down postingan tersebut. Pihaknya juga tak segan memberikan sanksi tegas kepada pelakunya.

"Kami akan sosialisasi bahaya hoaks, mengingatkan kepada publik tentang bahaya hoaks itu sendiri. Lalu (menggelar) patroli siber," ujar Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto di Surabaya, Senin 17 Oktober 2023.

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

Agar patroli siber berjalan efektif, pihaknya juga dibantu Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta stakeholder terkait untuk menelusuri sejumlah unggahan bernada kampanye hitam.

Tidak hanya mencari postingan bernada kampanye hitam semata, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah pencegahan.

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

"Kita lakukan setiap hari, supaya kita bisa identifikasi. Dan kita lakukan takedown atau langkah-langkah melakukan pencegahan dalam publikasi tadi," tandasnya.

Perlu diketahui, langkah Polda Jatim ini selaras dengan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang mengamanatkan agar jajaran mengantisipasi terjadinya polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, propaganda firehose of falsehood dan black campaign selama pelaksanaan Pemilu 2024.