Peneliti Unair: Waspada Terhadap Hasil Survei Politik Untuk Sarana Kampanye

Pusat Study Transformasi Sosial dan Pembangunan UNAIR DR Suko Widodo,Msi
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Maraknya hasil survei menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, peneliti dari Pusat Study Transformasi Sosial dan Pembangunan UNAIR DR Suko Widodo, Msi, mempertanyakan tingkat akurasinya. Sebab, sejumlah hasil yang dipublikasikan diyakini jauh dari realitas pendapat publik selama ini.

Soal Foto Bersama Dasco Gerindra, Cak Imin: Tak Ada Makna Tersembunyi, Hanya Aktifitas Biasa

Sebagai peneliti, Suko meragukan atas hasil yang dirilis ke publik selama ini . “Misal, ada kandidat dari Jakarta. Selama ini mereka sangat jarang hadir di Jatim, tapi hasil survei elektabikitasnya tinggi. Ini rasanya tidak masuk akal,” ujar Suko Widodo,Kamis 19 Oktober 2023.

Pria yang juga sebagai dosen Komunikasi Politik Unair ini menilai bahwa hasil survei itu digunakan sebagai strategi kampanye untuk meraih simpati publik.

Cak Imin Upload Foto dengan Dasco Gerindra, Ada Apa?

Pantauan sama juga dirasakan oleh Bramantyo dari Kolokium.id, sebuah lembaga riset digital di bidang pemilu. Menurut Bram, banyak hasil survei yang tak masuk akal dan tidak sesuai dengan realitas.

“Perang hasil survei juga terjadi dalam dunia digital. Banyak hasil meragukan disebar melalui media digital”, ujarnya.

Viral Khatib Salat Id di Yogyakarta Ditinggal Jemaah gegara Bahas Politik

Maraknya hasil survei tersebut bisa mengaburkan opini orisinil warga masyarakat. Bahkan mengaburkan kebenaran pendapat masyarakat. “Cara itu bisa menyesatkan publik”, ujarnya. Karenanya, Suko mengingatkan agar publik berhati hati dan jangan mudah terbedaya.  Apalagi jika hasilnya sangat ekstrim.

Menurut Suko, selama ini masih banyak suara yang tersembunyi yang belum diekspresikan warga. “Kekuatan tersembunyi/ hiden itulah yang akan sangat menentukan arah politik”, tuturnya