Viral Petugas Satpol PP Terjungkal Ditendang Peserta Demo Buruh di Surabaya

Tangkapan layar video anggota demo buruh serang petugas Satpol PP.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Demonstrasi buruh menuntut kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kot02a (UMK) 2024 di Surabaya diwarnai aksi penganiayaan terhadap dua petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang sedang berjaga membantu kepolisian melakukan pengamanan. Video penganiayaan itu pun tersebar dan viral di media sosial.

Seru-seruan Nobar Indonesia Vs Irak di Gelora 10 November Surabaya Nanti Malam

Kepala Kepolisian Sektor Gayungan Kompol Trie Sis Biantoro mengungkapkan, aksi penganiayaan terhadap dua petugas Satpol PP itu diduga dilakukan oleh buruh dari Aliansi Garda Metal.

"Diduga yang menganiaya (petugas Satpol PP) itu sekitar lima orang," kata Kapolsek kepada Viva Jatim saat dikonfirmasi, Kamis 30 November 2023.

Momen Forkopimda Jatim Potong Tumpeng Bareng Ribuan Buruh di Momen May Day

Tindakan penganiayaan terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, siang tadi. Saat para buruh menggelar arak-arakan melintasi Jalan Ahmad Yani hendak menuju lokasi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Timur.

Kompol Trie menyebut, ketika itu dua petugas Satpol PP masing-masing bernama, Muid Kahfi dan Tarikh Azis sedang berjaga di sekitaran Taman Pelangi, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Peringatan Hari Buruh, Ketua Sarbumusi Nganjuk Soroti Sistem Kerja Outsourcing

Kala itu arus lalu lintas macet total karena pihak buruk yang berunjuk rasa memblokade jalan dari arah Sidoarjo menuju Surabaya atau dari selatan ke arah utara.

Nah, dua petugas Satpol PP itu lantas berinisiatif membuka portal jalan yang mengarah ke perkampungan supaya pengendara motor bisa melanjutkan perjalanan sehingga kemacetan terurai.

Halaman Selanjutnya
img_title