Santri Mataraman Diskusi Demokrasi, Soroti Putusan MK hingga Kepemimpinan Nasional

Diskusi Santri Bicara Demokrasi di Ponpes Hidayah Al-Falah
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim - Diskusi Umum bertema 'Santri Bicara Demokrasi' Pondok Pesantren Hidayah Al-Falah Trenceng Sumbergempol Tulungagung sukses terselenggara. Salah satu yang menjadi sorotan adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman yang melanggar etika.

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

Salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Hidayah Al Falah Trenceng, Agus M Alwi Hasan mengatakan, santri dan kiai zona Mataraman ini mengadakan diskusi tentang betapa pentingnya memilih seorang pemimpin. Karena dari pemimpin sebuah negara terwujud dengan damai dan kesejahteraan akan tercapai.

"Selain demokrasi, kami juga berikan bekal persoalan petinggi MK yang melanggar etika. Adapun sikapnya nanti terserah dari santri, terserah dari masyarakat. Kami tidak mau mendahului apa yang dikehendaki oleh masyarakat," kata Gus Alwi Hasan, Sabtu, 23 Desember 2023.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Dalam diskusi juga diungkap tentang kepemimpinan yang layak untuk memimpin negara yang besar ini. Pasalnya, dalam memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia membutuhkan kapasitas. 

Ia berharap supaya para santri lebih melek terhadap demokrasi, lebih cermat lebih dalam Pemilu 2024 lebih tidak hanya sekadar taklid buta.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

"Tidak sekadar ikut-ikutan tetapi memang ada upaya pendekatan yang ilmiah. Tentunya harus tahu kriteria calon yang akan dipilih atau sejarah rekam jejak seseorang yang akan dipilih," ungkapnya.

Gus Alwi menambahkan usai edukasi pendidikan politik, pesantren terbiasa melakukan silaturahmi dari hati ke hati untuk bersama-sama memikirkan kesejahteraan dan keselamatan bangsa. 

Halaman Selanjutnya
img_title