58 Pengguna Narkotika Jalani Rehabilitasi, 5 di Antaranya Pelajar

Kepala BNN Tulungagung, Rose Iptri Wulandhani
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim - Selama 2023, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tulungagung telah melakukan rehabilitasi pengguna narkoba sebanyak 58. Dengan rincian 52 rehabilitasi rawat jalan dan 6 rawat inap, diantaranya 5 pelajar.

Sopir Bus AKAP Kedapatan Gunakan Sabu Diamankan di Terminal Gayatri Tulungagung

Ketua BNN Tulungagung, Rose Iptriwulandhani bahwasanya klien ada yang secara sukarela datang untuk mendapatkan layanan rehabilitasi. Ada juga yang melalui proses hukum, ini yang harus dilalui dalam melakukan Tim Asesmen Terpadu (TAT).

"Kalau melalui asesmen terpadu berarti melalui proses hukum tersangka. Kalau ini 52 (pasien) adalah mereka usianya kebanyakan dewasa dan pelajar 5 orang. Kebanyakan secara sukarela datang ke BNN Tulungagung untuk mendapatkan rehabilitasi," ungkap Rose Iptriwulandhani, Rabu, 27 Desember 2023.

Polres Mojokerto Ringkus Anggota Jaringan Narkoba Antar Kota, Omzetnya Puluhan Juta per Hari

Rose menjelaskan untuk TAT sendiri bahwa BNNK Tulungagung berhasil melaksanakan dengan target 7 klien. Namun berkembang hingga 18 klien dengan rekomendasi 7 orang rehabilitasi, 10 orang menjalani rehabilitasi sekaligus proses hukum. Serta satu orang tidak direkomendasikan rehabilitasi, sehingga proses hukum berlanjut.

Hal tersebut menurut Rose, satu orang yang tidak mendapatkan rekomendasi gegara memiliki sindikat jaringan. Sehingga dari perwakilan pemberantasan kalau memang ada tertangkap direkomendasikan atau tidak direkomendasikan rehabilitasi bisa di BNNK Tulungagung.

Pengedar Narkoba Berkedok Pedagang Cilok Ditangkap, Ribuan Pil Dobel L Diamankan

"Pertama karena dia sebagai residivis pernah terkena kasus yang sama sebelumnya. Aslinya dengan barang bukti yang termasuk jaringan dan barang bukti beberapa gram," ulasnya.

Senada disampaikan Kasi Pemberantasan BNNK Tulungagung, Munir Riyanto. Munir mengungkapkan bahwa biasanya setelah putusan selesai bisa diproses hukum inkrah kehakiman.

Halaman Selanjutnya
img_title