Polda Jatim Kerahkan 2.959 Personel Gabungan Amankan Piala AFF U-19 di Surabaya

Irjen Pol Imam Sugianto saat memberikan keterangan pers
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Kepolisian Daerah Jawa Timur mengerahkan 2.959 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan pelaksanaan turnamen Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) U-19 di Surabaya pada 17-29 Juli 2024.

Polda Jatim Kumpulkan Ratusan Kantong Darah saat Bakkes Harlantas ke-69 di Surabaya

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan ribuan personel itu juga melibatkan petugas dari berbagai instansi pemerintahan.  Langkah ini diambil guna memastikan keamanan dan kelancaran selama turnamen berlangsung.

"Pasukan yang kita siapkan dari TNI-Polri, juga dari stakeholder terkait itu kurang lebih ada 2.959 [personel]," ujar Imam Sugianto kepada wartawan usai memimpin apel gelar pasukan di Mapolda Jatim, Selasa, 16 Juli 2024.

Diperiksa Polda, Thoriq Eks Bupati Lumajang: Baznas-Pramuka Juga Terima Bantuan Erupsi Semeru

Ia berharap pelaksanaan Piala AFF U-19 yang akan diikuti kontingen 12 negara itu bisa berjalan dengan baik, aman, dan lancar. 

"Mudah-mudahan dengan jumlah pasukan itu kita bisa meng-cover semua tempat yang digunakan, rangkaian dalam rangka pagelaran piala AFF itu. Baik di akomodasi kemudian rute yang akan dilalui," ujarnya.

Aliran Bantuan Bencana Erupsi Semeru yang bikin Eks Bupati Lumajang Thoriq Diperiksa Polda Jatim

"Lalu dua stadion yang akan kita amankan yaitu Stadion Gelora 10 November dan Gelora Bung Tomo," imbuhnya.

Selain itu, Imam Sugianto menjelaskan bahwa pola pengamanan yang diterapkan akan mengacu pada Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2022, sama seperti saat pelaksanaan Piala Dunia U-17 pada tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title