Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman, Semboyan Patriotisme yang Diajarkan Rasulullah

Siswa dan masyarakat menggelar upacara bendera di TPA Banjardowo
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Hubbul Wathan Minal Iman atau mencintai tanah air sebagian dari iman merupakan semboyan patriotisme yang diajarkan Rasulullah SAW. Karena itu, sebagai warga negara yang baik, setiap orang harus menjaga ajaran tersebut dalam bingkai keimanan dan ketakwaan.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Penegasan ini disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jatim, Abdul Mujib saat mengisi program Tabuh Maghrib bertajuk 'Hubbul Wathon dan Literasi Kewargaan'. Digelar di Aula KH Bisri Syansuri, lantai 1, Gedung PWNU Jatim, Rabu, 13 Maret 2024 kemarin. 

Abdul Mujib pada kesempatan ini menyampaikan bahwa Rasulullah merupakan sosok yang sangat bangga dengan tanah kelahirannya. Umat Islam di Indonesia hendaknya meneladani spirit tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

“Rasulullah sangat ingat dimana lahir dan dibesarkan. Rasulullah bangga dengan tanah kelahirannya,” katanya.

Semangat tersebut menjadi landasan KH Abdul Wahab Hasbullah meyakinkan warga NU untuk mencintai Tanah Air. Dijelaskan, NU tidak bisa diragukan lagi dalam hal wawasan kebangsaan. Dalam konteks berbangsa bisa dilihat bagaimana sikap patriotisme warga NU dalam berjuang.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

“Kita dulu diingatkan semboyan Bung Tomo sebelum perang harus sowan terlebih dulu kepada KH M Hasyim Asy’ari. Semangat cinta tanah air inilah yang menjadikan warga bangsa untuk berjuang memerdekakan Indonesia,” ucap pria asal Sidoarjo itu.

Tabuh Maghrib PWNU Jawa Timur

Photo :
  • Media Center PWNU Jatim
Halaman Selanjutnya
img_title