Intip Gaji Petugas Sensus Pertanian Juni 2023

Sekretaris utama BPS, Atqo Mardianto
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sebanyak 196.000 petugas lapangan ditugaskan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan pendataan Sensus Pertanian (ST 2023) mulai 1 Juni sampai 31 Juli mendatang. 

Mentan Minta Bulog Tak Beli Gabah Petani di Bawah Harga HPP

Sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Utama BPS, Atqo Mardiyanto mengatakan, nantinya 196 ribu petugas lapangan itu bakal melakukan pencacahan secara lengkap, terkait dengan kondisi faktual pada sektor pertanian di seluruh Indonesia.

"Di tahun ketujuh pelaksanaan sensus pertanian ini akan dilaksanakan selama 2 bulan di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari tanggal 1 Juni sampai 31 Juli 2023," kata Atqo di kantornya, Selasa, 30 Mei 2023. 

Nasib Pilu Petani di Lamongan, Padi Diserang Penyakit saat Harga Beras Naik

Tujuan dari sensus ini, lanjut Atqo, yang dilakukan setiap 10 tahun ini adalah memberikan gambaran tentang pertanian di Indonesia secara komprehensif.

Metodenya yakni dengan menyasar seluruh petani di Tanah Air, yang terdiri dari petani rumah tangga atau petani biasa, perusahaan pertanian, dan jasa pertanian.

Ratusan Peserta Hadiri Talkshow Bisik-Bisik Volume 11 di Madiun, Angkat tema Regenerasi Petani

Jika berdasarkan sektor, target sensus kali ini adalah petani di sektor tanaman pangan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan perkebunan. 

Selain untuk mendapatkan jumlah riil petani di Indonesia terkini, sensus ini juga bertujuan memperoleh data yang lebih rinci seperti struktur usaha pertanian, jenis petani, dan lain sebagainya. 

Halaman Selanjutnya
img_title