Kombes Luthfie, Direskrimsus Polda Jatim yang Baru Pernah Ungkap Penyelewengan Solar Rp 10 Miliar

Kombes Luthfie Sulistiawan, saat konferensi pers
Sumber :
  • Viva Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim –  Kombes Luthfie Sulistiawan dipercaya Kapolri memimpin Ditreskrimsus Polda Jatim. Posisi ini merupakan kali kedua baginya, karena ia dulu mantan Direskrimsus di Polda Kalimantan Barat yang pernah mengungkap kasus penyelewengan solar bersubsidi senilai Rp 10 miliar.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Di Polda Jatim ia menggantikan Kombes Farman yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagbanhatkum Robankum Divkum Polri. Sesuai surat telegram Kapolri nomor ST/2750/XII/KEP/2023, tertanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo.

"Pergantian pimpinan kepolisian ini sebagai bentuk menguatkan kinerja. Pergantian dilakukan kepada personel yang sudah memasuki masa purna bakti, ada juga yang promosi," ujar Kabidhumas Polda Jatim Kombes Dirmanto melalui keterangan pers pada Jumat, 8 Desember 2023.

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

Kombes Luthfie adalah seorang perwira menengah Polri asal Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lahir pada tanggal 3 Mei 1976, Luthfie merupakan lulusan dari Akademi Kepolisian tahun 1997.

Suami dari Angelina Adi Negara ini, dikenal pawai di bidang reserse. Kariernya dimulai sebagai Kapolsek Metro Sawah Besar di Jakarta, Luthfie kemudian diangkat sebagai perwira menengah di Polda Metro Jaya tahun 2011.

Polda Jatim Ungkap Kasus Penipuan Senilai Rp11,2 M Berkedok Kerjasama Bisnis

Tiga tahun berselang, Luthfie lalu diberi mandat sebagai Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Selepas itu kariernya terus mentereng dengan jabatan sebagai Kapolres Pekalongan Kota.

Tahun 2016, Luthfie masih dipercaya sebagai Kapolres di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Ia selanjutnya menjadi Kapolres Brebes.

Halaman Selanjutnya
img_title