Sering Dianggap Sepele, 4 Makanan Ini Ternyata Bisa Merusak Metabolisme Tubuh

Ilustrasi Gorengan
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, metabolisme adalah hal penting yang harus diperhatikan. Diketahui, metabolisme adalah proses dimana tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Semakin baik metabolisme, maka semakin kecil pula kemungkinan berat badan naik.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Karena itulah, seseorang perlu memperhatikan asupan makanan. Agar metabolisme efisien bekerja dalam membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Tubuh pun jadi lebih sehat dan bertenaga. Segala aktivitas dapat dilakukan dengan maksimal.

Namun jarang diketahui, bahwa ternyata beberapa jenis makanan ini bisa merusak metabolisme tubuh. Apa saja makanan itu? Berikut ini penjelasannya, dikutip dari VIVA, Kamis, 22 Februari 2024. 

Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Makanan, Simak Resepnya!

1. Tepung Putih

Tepung putih adalah olahan gandum yang serat dan antioksidannya telah dihilangkan. Mengonsumsi tepung putih dapat memperlambat proses pencernaan karena tubuh memecah tepung putih lebih cepat daripada gandum. Artinya tubuh akan mendapat sinyal bahwa tidak perlu membakar kalori ekstra untuk tepung putih. Selain itu, metabolisme akan beroperasi ke tingkat yang lebih lambat

Cara Ampuh Tetap Sehat meski Banyak Makan Manis dan Berlemak saat Lebaran

2. Sirup Jagung Tinggi Fruktosa

Konsumsi sirup jagung tinggi fruktosa dapat menyebabkan sindrom metabolik. Seperti diketahui sindrom metabolik menyebabkan terjadinya penyakit diabetes, penyakit jantung dan stroke. Pemanis ini biasa ditemukan di makanan olahan dan minuman ringan. Sirup jagung tinggi fruktosa juga dapat menyebabkan obesitas karena memiliki efek negatif pada metabolisme.

Halaman Selanjutnya
img_title