Meneladani Rasulullah: Makan Buah Kurma dengan Jumlah Ganjil saat Buka Puasa

Ilustrasi Kurma
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimNabi Muhammad SAW adalah panutan umat Islam. Setiap apa yang dikatakan dan dilakukan oleh Sang Baginda Nabi menjadi acuan dalam setiap kehidupan umat manusia. Tidak hanya untuk meraih pahala Sunnah, melainkan juga untuk mendapatkan kebaikan dari hal positif yang dilakukan.

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

Salah satu hal yang menjadi kebiasaan Rasulullah SAW adalah rutin mengonsumsi kurma dengan jumlah yang ganjil setiap hendak berbuka puasa. Kemudian diikuti dengan segelas air putih sebelum melanjutkan makan yang lebih berat.

Dikutip dari VIVA, Selasa, 12 Maret 2024, kebiasaan ini tidak hanya menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa tetapi juga memberikan energi instan karena kandungan gula alaminya.

Lewat Buka Puasa Bersama, MKI Bangun Konsolidasi antar Sektor Ketenagalistrikan

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW berkata: “Jika salah satu dari kalian ingin berbuka puasa, maka lakukanlah dengan kurma, karena kurma adalah makanan yang penuh berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jumlah Ganjil

Apakah Shalat Tetap Sah Jika Tidak Hafal Bacaannya? Begini Penjelasan Buya Yahya

Namun, seperti yang banyak orang ketahui, Nabi Muhammad menganjurkan untuk mengonsumsi kurma dengan jumlah ganjil, seperti tiga butir.

Selain tiga butir, Rasulullah SAW juga menganjurkan makan kurma dalam jumlah ganjil lainnya, seperti satu, tiga, lima, tujuh, atau sembilan.

Halaman Selanjutnya
img_title