Kena OTT KPK, Tengok Harta Sahat Wakil Ketua DPRD Jatim

Sahat Tua Simanjuntak, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur
Sumber :
  • Istimewa

JatimWakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak bersama tiga orang lain terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Surabaya pada Rabu malam. Diduga, Sahat dicokok KPK terkait suap dana hibah kelompok masyarakat yang dikucurkan melalui dana APBD Jatim.

Pertumbuhan Ekonomi Gresik di Bawah Rata-Rata Nasional, Butuh Sentuhan Birokrasi

Sahat adalah politikus Partai Golkar yang berhasil duduk di kursi DPRD Jatim. Di DPD Golkar Jatim, lulusan Fakultas Hukum Universitas Surabaya itu menjabat sebagai sekretaris. Dalam hal kepemilikan, total harta kekayaan yang dimilik Sahat sebesar Rp10,7 miliar, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terakhir yang dikeluarkan KPK di elhkpn.kpk.go.id, periode 2020.

Kekayaan tersebut, di antaranya, terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp7,47 miliar. Tanah dan bangunan itu diketahui berada di tiga titik di Jawa Timur. Sementara untuk kendaraan dan mesin, kekayaan STS sebesar Rp1,73 miliar dengan rincian tiga unit mobil. Sahat juga kas dan setara kas sebesar Rp1,49 miliar. 

MK Tolak Gugatan Pilpres, Gerindra dan Golkar Jatim Harap Semua Pihak Kembali Bersatu

Sebelumnya diberitakan, tim KPK menggelar OTT di lingkungan DPRD Jatim pada Rabu malam. Salah satu yang ditangkap ialah Wakil Ketua DPRD Sahat Tua Simanjuntak. Tim KPK juga menyegel ruang kerja Sahat, lalu digeledah. 

Pengamatan Viva Jatim di gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, selain ruang kerja Sahat, tim KPK juga menggeledah ruang server CCTV dan Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah pada Sekretariat DPRD Jatim yang juga berada di lantai dua. Di ruang CCTV, tiga penyelidik KPK memeriksa rekaman video yang terekam di server.

Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Mengawal tim KPK, sejumlah personel kepolisian bersenjata lengkap berjaga-jaga di sekitar ruangan DPRD Jatim yang digeledah. Belum ada keterangan diperoleh dari tim terkait data apa saja yang sudah mereka kumpulkan.

Di sisi lain, tim KPK lainnya dikabarkan melakukan pemeriksaan terhadap Sahat Tua Simanjuntak dan sejumlah orang yang diamankan di Markas Polrestabes Surabaya yang berada di Jalan Sikatan, yang lokasinya tak begitu jauh dari gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura.

Halaman Selanjutnya
img_title