Jangan Salah Didik, Kenangan Pahit Ini Dikenang Anak hingga Dewasa

Tips Mendidik Anak di Era Milenial
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Setiap orangtua pastilah menginginkan anaknya menjadi manusia yang beruntung. Kelak di masa tuanya mampu meraih kesuksesan dan menjadi kebanggaan keluarga. Namun terkadang cara mendidik yang salah justru semakin menjauhkan anak dari kesuksesan. Sebab pengalaman pahit dalam hidup yang dialaminya bersama keluarga akan mempengaruhi jalan hidup yang ia tempuh. 

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Mengasuh, menjaga dan bahkan mendidik anak tidaklah mudah. Terkadang kesalahan dalam mendidik akan berakibat fatal dalam tumbuh kembang si anak. Misalnya kerap kali orangtua melontarkan kata-kata kotor yang akan membuat anak mengenangnya sepanjang hidupnya. Hingga karakter dan pola pikir negatif bakal tertanam dalam diri si anak. Tentu setiap orangtua tidak menginginkan hal ini terjadi.

Orangtua adalah madrasah pertama bagi anak. Bila orangtua seringkali melontarkan kata-kata kotor yang dapat menyakiti anak, hal tersebut menjadi didikan pertama yang nantinya akan membentuk karakter kasar pada diri anak. Bukan tanpa alasa, kata-kata kotor terlontar acapkali terjadi karena emosi yang meluap-luap. Namun sadarilah bahwa hal itu tidaklah baik untuk pertumbuhan kepribadian anak. 

Ahli Parenting Ungkap Pola Asuh Anak agar Tak Jadi Korban atau Pelaku Bullying

Dalam akun instagram Parentinganaku, terungkap deret kata-kata menyakitkan dari orangtua yang dikenang oleh anak-anak. Bukan tanpa alasan, kata tersebut terungkap ketika mungkin emosi para orangtua atau kesabarannya telah mencapai batasannya. Namun tentu, hal itu tak berarti menjadikannya wajar mengucap hal buruk pada anak seperti yang diingat 3 bocah laki-laki ini.

Ketika ditanya 'apa hal paling buruk yang diucapkan ibu saat marah?', ketiganya secara terpisah mengatakan satu kata yakni 'Bodoh'. Mereka pun tak menampik bahwa kata tersebut ditujukan untuk mereka, dengan menyebutnya sembari tersenyum.

Ortu Wajib Tahu! Hindari 3 Pola Asuh Ini, Berdampak Buruk pada Anak

"Ibu mengatakan kalimat menyakitkan. Dia bilang, bodoh," kata seorang bocah laki-laki itu, seraya tertawa.

Ekspresi sang anak yang masih begitu dini menandakan bahwa ia belum memahami betul kondisi dan arti kata-kata yang diucapkan tersebut. Namun, ketiga anak itu memahami bahwa kata tersebut adalah hal buruk dan menyakitkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title