Dokter Spesialis Gizi Sarankan Hindari Makan Gorengan saat Sahur

Ilustrasi Gorengan
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimDokter spesialis gizi klinis, dr. Putri Sakti MGizi, SpGK tidak menganjurkan melewatkan sahur karena makan sahur bisa menjadi sumber energi bagi tubuh selama puasa Ramadhan sembari tetap beraktivitas. 

Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Makanan, Simak Resepnya!

Ia menyarankan untuk menghindari sejumlah makanan tak sehat saat sahur karena bisa berdampak buruk, termasuk makanan gorengan

"Hindari makanan tinggi tepung, pedas, asam kaya lemak dan minuman kafein selama sahur," tutur dokter Putri, dalam acara Hidup Sehat, tvOne.

Cara Ampuh Tetap Sehat meski Banyak Makan Manis dan Berlemak saat Lebaran

Makanan tipikal tepung-tepungan memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga memicu lonjakan gula darah dan juga setelahnya menurun drastis sehingga efeknya tubuh lebih lemas. 

Sama halnya dengan makanan yang kaya lemak seperti gorengan akan membuat tubuh lebih mudah terasa lemas saat puasa.

Cara Ampuh Cegah Kolesterol Tinggi Selama Momen Hari Raya Idul Fitri

"Apabila konsumsi makanan tinggi lemak seperti gorengan, buat pencernaan kerja berat sehingga pembakaran kalori lebih besar dan cepat lemas dibanding biasanya," tambahnya. 

Selain itu, makanan lainnya yang memicu lemas berlebihan seperti yang mengandung santan dan rasa asam serta terlalu pedas. Makanan tersebut akan memicu asam lambung meningkat sehingga muncul rasa ketidaknyamanan saat puasa.

Halaman Selanjutnya
img_title