Perlu Gak Sih Buka Kap Mesin Mobil saat Istirahat di Rest Area? Begini Jawabannya

Ilustrasi kap mesin mobil
Sumber :
  • VIVA Otomotif

JatimTerdapat kebiasaan yang sering dilakukan pengemudi saat memberhentikan mobil di rest area, yakni membuka kap mesin. Hal itu dilakukan untuk memeriksa kondisi mobil  usai perjalanan jauh.

Warga Menolak Bangunan Ditertibkan di JLS Tulungagung

Pengemudi yang melakukan kebiasaan ini beranggapan bahwa dengan membuka kap mesin, udara luar akan membantu menurunkan suhu mesin mobil yang telah panas akibat operasi yang lama.

Namun, apakah benar kebiasaan ini diperlukan?

Tertibkan Lapak Liar Sepanjang JLS Tulungagung, Pemkab Siapkan 4 Lokasi Rest Area

Dikutip dari laman Hyundai Indonesia, Sabtu 6 Mei 2023, kebiasaan membuka kap mesin mobil di rest area sebenarnya tidak diperlukan.

Meskipun mobil melakukan perjalanan jauh, suhu mesin akan tetap stabil jika komponen pendinginan seperti radiator dan kipas berfungsi dengan baik. Tidak ada perbedaan suhu yang signifikan antara mesin yang berjalan selama 4 jam dan yang berjalan selama 1 jam.

HokBen Restoran Siap Saji Asal Jepang Buka Gerai di National Hospital Surabaya

Membuka kap mesin hanya akan membantu panas keluar dari permukaan mesin saja, dan tidak berpengaruh pada suhu internal mesin.

Selain itu, jika mobil mengalami overheat, membuka kap mesin akan meningkatkan risiko semburan air radiator yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Halaman Selanjutnya
img_title