Hai Moms, Waspada Infeksi Saluran Kemih jika Salah Pilih Popok Bayi

Ilustrasi bayi pakai popok
Sumber :
  • Istimewa

JatimDiapers atau popok selalu menjadi solusi bagi orangtua ketika beraktivitas di luar rumah bersama anaknya. Ya, popok tak hanya membantu orangtua mudah mengatasi urin bayi, tapi juga memberikan kenyamanan buat aktivitas bayi itu sendiri.

Tega! Ayah di Surabaya Pukul dan Banting Bayi Umur 6 Hari

Kendari demikian, tak jarang para orangtua justru salah memilih popok yang baik untuk bayinya. Sehingga mengakibatkan hal-hal tak diinginkan terjadi. Salah pilih popok tak hanya berakibat pada mudahnya ruam, tetapi juga infeksi saluran kemih.

Berikut ini penjelasan detailnya, dilansir dari VIVA, Senin, 22 Mei 2023. 

Bayi Dalam Kardus Ditemukan di Depan Rumah Warga Mojokerto, Ada Surat Wasiat Sang ibu

Menurut keterangan resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), popok atau diapers yang ideal entah apapun bahannya harus dapat menjaga kestabilan pH dan keringnya kulit serta mencegah terjadinya ruam.

IDAI sendiri merekomendasikan pemilihan bahan katun pada popok kain untuk menjaga ventilasi yang baik dengan kulit, dan perlu disadari bahwa pemakaian popok merupakan salah satu faktor risiko terjadinya infeksi saluran kemih.

Klinik Bayi Tabung di Surabaya Ini Raih Akreditasi Internasional Pertama di Indonesia Timur

Jika menelisik lebih lanjut mana diantara keduanya yang lebih baik?

Meskipun studi menunjukkan kecenderungan bahwa untuk menghindari ruam popok, bahan selulosa popok sekali pakai lebih baik daripada popok kain, bahan absorbent gelling material (AGM) pada popok sekali pakai lebih baik daripada selulosa, lapisan dalam berformula khusus lebih baik daripada yang tanpa formula, dan bahan luar yang berpori lebih baik daripada yang waterproof, jenis popok mana yang lebih unggul masih belum dapat dipastikan hingga saat ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title