Ini Beda Penanganan Batuk Berdahak dan Batuk Kering, Jangan Asal-asalan!

penyakit batuk
Sumber :
  • Viva.com

Surabaya, VIVA JatimBatuk adalah gejala umum yang sering mengganggu keseharian kita. Namun, tahu kah kamu bahwa ada dua jenis batuk utama yang perlu dibedakan: batuk berdahak dan batuk kering

Perubahan Cuaca Rentan Flu Batuk, Cegah dengan 5 Cara Alami Ini

Meskipun keduanya melibatkan proses batuk, perbedaan karakteristik dan penyebabnya sangat penting untuk memahami cara penanganan yang sesuai. 

Batuk berdahak adalah kondisi batuk di mana lendir atau dahak diproduksi dan terdapat dalam saluran pernapasan, terutama di tenggorokan atau paru-paru. 

Minum Air Dingin di Musim Panas Sebabkan Batuk, Benarkah Demikian?

Saat kamu mengalami batuk berdahak, lendir tersebut mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan refleks batuk sebagai upaya tubuh untuk membersihkan dan mengeluarkannya dari sistem pernapasan.

Batuk berdahak bisa menjadi mekanisme pertahanan alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran, bakteri, virus, atau partikel asing lainnya dari paru-paru dan saluran pernapasan. 

Musim Hujan Melanda, Perhatikan Resep Herbal Cegah Batuk Ini

Biasanya, batuk berdahak terjadi sebagai akibat dari infeksi virus atau bakteri, peradangan saluran pernapasan, alergi, atau iritasi akibat asap atau polusi udara.

Sementara batuk kering adalah jenis batuk di mana tidak ada lendir atau dahak yang diproduksi dan terdapat dalam saluran pernapasan, terutama di tenggorokan atau paru-paru. Pada batuk kering, tenggorokan terasa kering dan teriritasi, sehingga menyebabkan refleks batuk sebagai respons tubuh terhadap iritasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title