Selama 3 Bulan Uji Coba, Naik Bus Listrik Kalista di Surabaya Gratis

Penampakan Bus Listrik Kalista di Surabaya
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Bus listrik hasil kerjasama Pemerintah Kota Surabaya dengan PT Kalista Nusa Armada (Kalista) siap mengaspal untuk menjalani uji coba kelayakan selama tiga bulan mulai Rabu, 8 November 2023, besok.

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Selama masa itu, masyarakat berkesempatan merasakan moda transportasi baru tersebut secara gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Surabaya Tundjung Iswandaru mengatakan, selama masa uji coba berlangsung, pihaknya bersama Kalista menyediakan tujuh armada bus listrik berbagai ukuran. Namun ketujuh kendaraan massal tersebut tidak serentak dioperasikan.

Waketum PKB Lepas 25 Bus Mudik Perubahan Gratis ke Sejumlah Daerah

"Dari tujuh yang kita operasikan setiap bulan ini (dibagi) tiga (unit). Jadi ukurannya berbeda, besar, kecil dan sedang. Jadi tidak jalan bareng-bareng, sebulan tiga (unit)," ujar Tundjung di Terminal Joyo Boyo, Selasa 7 November 2023.

Selama masa uji coba, rute yang akan dilalui bus listrik dari Kalista ini tidak menentu. Tundjung bilang akan diubah dari waktu ke waktu, bertujuan untuk mengukur daya tahan (durability) kendaraan yang diklaim ramah lingkungan tersebut. Namun ia memastikan, bus listrik akan menjangkau semua wilayah di Kota Surabaya selama uji coba berlangsung.

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

"Dan (tiket) gratis, gratis. Pelatnya hitam, gratis, sudah bisa narik," singkatnya.

Selain mengukur daya tahan bus listrik yang diluncurkan, masa uji coba juga dikatakannya bertujuan menguji kemampuan para pengemudi. Sebab menurut Tundjung, bus konvensional dengan bus listrik berbeda dari segi cara mengemudikan.

Halaman Selanjutnya
img_title