Kecuali Bahana, Mayoritas Kreditur Setuju Perdamaian PKPU Meratus

PKPU PT Meratus Line di Pengadilan Niaga pada PN Surabaya.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Mayoritas kreditur menyetujui proposal perdamaian PKPU yang diajukan PT Meratus Line pada rapat pembahasan perdamaian di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa kemarin. Pilihan itu diambil mayoritas kreditur di tengah penolakan yang disampaikan oleh PT Bahana Line dan PT Bahana Ocean Line. 

Beli 6 Kapal Baru dan 220 Reefer, Cara Meratus Percepat Bisnis Investasi Aset Strategis

Kuasa Hukum PT Meratus Line Yudha Prasetya mengatakan 14 dari 16 kreditur yang hadir pada rapat PKPU menyambut baik proposal yang diajukan PT Meratus Line. “Mayoritas kreditur menyambut baik proposal perdamaian final yang diajukan PT Meratu Line,” ujarnya dikutip Rabu, 9 November 2022.

Dia menjelaskan, hanya dua kreditur yang menolak, yaitu PT Bahana Line dan PT Bahana Ocean Line yang merupakan kreditur pemohon PKPU. Dengan fakta seperti itu, Yudha berharap tercapainya perdamaian PKPU PT Meratus Line segera dapat disahkan di hari terakhir masa perpanjangan PKPU dalam sidang permusyawaratan majelis hakim, Jumat, 11 November 2022. 

Dituntut 19 Tahun Penjara, Terdakwa Pembunuh Mahasiswi Ubaya Terdiam

“Jadi hakim pengawas akan menyampaikan hasil rapat hari ini sebagai rekomendasi kepada hakim pemutus untuk mengesahkan perdamaian PKPU berdasarkan pada proposal final yang diajukan PT Meratus Line,” tandas Yudha. 

Menurutnya, penyampaian proposal perdamaian final pada rapat tersebut membuktikan itikad baik PT Meratus Line untuk memaksimalkan waktu perpanjangan PKPU selama 120 hari seperti disampaikan oleh hakim pengawas pada rapat sebelumnya, Selasa, 1 November 2022. 

Dokter Gadungan Susanto Divonis Hakim PN Surabaya 3,5 Tahun Penjara

Terkait isi proposal perdamaian, pihak PT Meratus Line memilah tagihan dari para kreditur menjadi dua, yaitu tagihan tidak dalam sengketa dan  tagihan dalam sengketa. Menurut Yudha, dukungan mayoritas kreditur pada proposal perdamaian yang diajukan PT Meratus Line sudah sejalan dengan semangat proses PKPU, yakni tercapainya perdamaian. 

PT Bahana Line dan PT Bahana Ocean Line mengajukan permohonan PKPU kepada PT Meratus Line pada Mei 2022 ke Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya. Permohonan PKPU diajukan menyusul ditundanya pembayaran tagihan yang mereka ajukan. 

Halaman Selanjutnya
img_title