Coblosan Pemilu 2024 Usai, Gus Salam: Idealisme Politik Santri Harus Tetap Dijaga

KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam
Sumber :
  • VIVA Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim - Pemungutan suara Pemilu 2024 telah terlaksana di seluruh TPS. Sedangkan penghitungan suara sedang berlangsung dan rekapitulasi serta hasilnya akan diumumkan nanti pada 20 Maret 2024.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Presiden Laskar Santri AMIN Indonesia (LSAI) KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh anggota Laskar Santri.

"Terimakasih kepada para sahabat Laskar Santri AMIN di manapun berada atas partisipasi dan dukungan kerja politik pemenangan AMIN, teriring doa Jazakumullah Ahsanal Jaza," kata Gus Salam, Rabu 14 Februari 2024.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Ia menuturkan, dalam partisipasi dan dukungan kerja politik pada Pemilu 2024 ini, para santri telah memenangkan kepercayaan diri bersama masyayikh (kiai-nyai) pondok lesantren.

"Mengikuti dawuh dan arahan beliau-beliau, tidak lain untuk membangun kekuatan politik santri dan perspektif politik Islam Aswaja demi kejayaan, kedaulatan Indonesia dan kepribadian Nusantara," ujarnya.

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

Cucu salah satu pendiri NU KH Bisri Syansuri ini mengatakan pemilu 2024 telah membangkitkan dan menyatukan kekuatan pesantren dan tokoh agama dalam satu perspektif dan orientasi dalam memahami pemilu sebagai instrumen berdemokrasi dan berpolitik. Yakni, menjunjung tinggi etika, moralitas dan ilmu dalam berdemokrasi dan berpolitik.

Bahkan, lanjut Gus Salam, Pemilu 2024 ini telah membentuk jejaring politik pesantren yang solid dan kompak. "Inilah kemenangan utama kita. Maka, bersuara dalam berdemokrasi dan berpolitik atas dasar etika dan ilmu adalah aktualisasi idealisme santri dalam beragama, berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title