Melalui Lembaga Falakiyah, NU Jatim Laksanakan Rukyatul Hilal di 30 Titik

Ilustrasi penampakan hilal
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA JatimNU Jawa Timur melalui Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PW LFNU) Jawa Timur melakukan Rukyatul Hilal di 30 titik dalam penentuan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 Hijriah Selasa 9 April 2024.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

LFNU Jatim InsyaAllah melaksanakan rukyatul hilal. Kita sudah siap untuk melakukan rukyatul hilal di 29 sampai 30 titik di seluruh Jatim,” kata Sekretaris LFNU Jatim Fathurrozi.

Ia mengatakan, rukyatul hilal atau pemantauan anak bulan itu dimulai sore, saat matahari terbenam mendekati waktu Magrib.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Secara astronimis, kata Fathurrozi, pada pemantauan yang dilakukan di akhir Ramadan posisi hilal sudah mencapai ketinggian 5 derajat dengan sudut elongasi 8-9 derajat.

“Lazimnya, sebelum kita melakukan rukyat, kita menghitung dulu prakondisi, posisi hilal di atas ufuk atau di bawah ufuk. Dan pada akhir Ramadan ini atau jelang penentuan 1 Syawal kondisi hilal sudah diatas ufuk dan sudah berkisar di antara 5 derajat lebih,” katanya.

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

Dengan demikian, kata Fathurrozi, sore nanti diprediksi ketinggian hilal telah memenuhi kriteria penentuan 1 syawal pemerintah atau MABIMS yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

“Artinya InsyaAllah hilal kemungkinan besar akan terlihat sehingga 1 Syawal-nya itu [jatuh] keesokan harinya atau pada Rabu 10 April 2024,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title