Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Surabaya.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada komunikasi antara dirinya dengan Khofifah Indar Parawansa terkait Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Tapi bila Khofifah mendaftar sebagai calon gubernur (cagub) melalui PKB, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya.

Masuk Bursa Pilgub 2024 Penantang Khofifah, Kiai Marzuki Mustamar: Kami Hidup Mati di Jatim

“Kalau [Khofifah Indar Parawansa] daftar [melalui PKB], kita sambut dengan baik. [Sampai saat ini] Belum ada [komunikasi],” kata Cak Imin seusai menghadiri acara PKB yang dihadiri para bakal calon kepala daerah di Hotel Vasa Surabaya pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Apakah PKB menyiapkan kader sendiri untuk maju di Pilgub Jatim? Cak Imin tak menyebut secara gamblang, termasuk kemungkinan menugaskan Thoriqul Haq maju sebagai bakal calon gubernur, sebagaimana isu berkembang belakangan ini. “Masih ada banyak sumber, ada kader dan ada yang dari luar,” ujarnya.

Menimbang Duet Khofifah-Kharisma bila Emil Dardak Tak Maju Pilgub Jatim

Yang pasti, Cak Imin menegaskan bahwa proses penjaringan calon gubernur-wakil gubernur di Pilgub Jatim sama dengan proses yang dijalani calon kepala daerah di tingkat kabupaten/kota. “Semua proses rekrutmen. Kita tunggu pendaftaran sampai di ujung nanti. Siapa yang paling terbaik kita usung,” kata Cak Imin.

Seperti diketahui, hingga saat ini baru Khofifah yang secara terbuka menyatakan siap maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim 2024. Ia percaya diri karena sudah mengantongi rekomendasi dari empat partai yang semuanya tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024. Keempat partai itu ialah Gerindra, PAN, Golkar, dan Demokrat.

KH Marzuki Mustamar Muncul Jadi Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024, PKB: Menarik!

Selain itu, bisa jadi Khofifah percaya diri karena, berdasarkan hasil survei banyak lembaga, elektabilitas Ketua Umum PP Muslimat NU itu unggul tak tertandingi dibandingkan figur-figur lain. Hingga PDIP pun tertarik melirik Gubernur Jatim periode 2019-2024 itu.