Potret LCT Viva 57, Kapal Kargo Berkapasitas 70 Kontainer Buatan Anak Negeri

Penampakan LCT Viva 57, kapal kargo berkapasitas 70 kontainer
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Jumlah kapal kargo yang berekspedisi di perairan Nusantara bertambah dengan kehadiran LCT Viva 57. Kapal jenis landing craft transport A.066.23.C berbendera Indonesia ini sanggup mengangkut 70 kontainer sekaligus.

Tingkatkan Layanan, Ekspedisi JNE Sediakan 300 Ribu Loket Fastpay

LCT Viva 57 milik perusahaan pelayaran PT Pelayaran Lestari Abadi Sakti itu resmi diluncurkan mulai Selasa, 14 Mei 2024. Kapal kargo warna merah tersebut merupakan seri terbaru dari tiga generasi sebelumnya dengan desain lebih ramping ditambah modifikasi di beberapa bagian bodi kapal.

"Kapal ini penyempurnaan saja. Kita sudah punya sister kapal ini, cuma ukurannya dan desainnya lebih diperbaruhi lagi," kata Direktur PT Pelayaran Lestari Abadi Sakti, Evi Susan Nur.

Kapal Nelayan Pecah Tertabrak Kapal Kargo, 15 ABK Diselamatkan Tim SAR Gabungan di Perairan Tuban

Kapal dengan panjang keseluruhan mencapai 76,36 meter ini disiapkan untuk mengangkut 13 anak buah kapal serta 70 kontainer. Dilengkapi mesin penggerak utama Mitsubishi seri S6R2-T2MPTK dan mampu menghasilkan 829 Daya Kuda, LCT Viva 57 siap mengantarkan segala komoditi ke penjuru Asia Tenggara.

"LCT ini punya landing area ke Asia Tenggara," kata Evi Susan kepada VIVA Jatim, Selasa, 14 Mei 2024.

Senyum Ratusan PKL Dapat BLT, Mas Dhito: Belanjakan untuk Usaha

Selain sebagai pengangkut kontainer, kapal buatan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia tahun 2023 itu juga disiapkan untuk mengangkut berbagai keperluan seperti alat berat dan lain-lain.

Karena itu, Evi Susan berharap kehadiran LCT Viva 57 ini bisa melayani kebutuhan ekspedisi antar pulau bahkan antar negara yang sampai saat ini dinilai masih kurang terakomodir sepenuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title