HUT ke-44 Dekranasda, Novita Ajak UMKM Lestarikan Budaya Nusantara

Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini mengajak pelaku UMKM di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranasda untuk terus semangat melestarikan budaya nusantara. Hal itu ia ucapkan usai menghadiri puncak peringatan HUT ke-44 Dekranasda) di Solo.

Promo HUT Surabaya 2024, Minum Teh Tarik Hemat 50 Persen di Ciamso

Menurut Novita Hardini merasa senang bisa membersamai dan ikut memperjuangkan kearifan lokal yang mampu berdampak ekonomi bagi masyarakat. 

"Tentunya semangat untuk mendampingi UMKM, mewariskan budaya nusantara kita. Mengingat ini tahun ke-44 Dekranasda, terus berupaya membawa dampak bagi perekonomian daerahnya masing-masing," ujar Novita, Rabu, 15 April 2024.

Tradisi Larung Sembonyo Pantai Prigi, Tayub-Jaranan 40 Hari 40 Malam

Ia juga merasa bangga ikut dalam satu dari sekian banyak ketua Dekranasda yang ada di Indonesia. Dimana turut memperjuangkan keberlanjutan budaya nusantara lewat produk-produk UMKM yang dimiliki oleh masing-masing daerah.

Alumnus Master of Economic UIN SATU Tulungagung ini menambahkan guna meningkatkan pendapatan daerah harus memfokuskan pada UMKM lokal. Namun yang perlu diperhatikan UMKM bukan hanya Profit Oriented, namun harus melestarikan budaya.

Pesan Menyentuh Bupati Trenggalek Mas Ipin di Acara Larung Sembonyo

"Pun juga harus melestarikan kebaikan-kebaikan lingkungan. Kita harus tahu bahwa yang dibutuhkan teman-teman pelaku usaha ini adalah support dari pemerintah. Baik support secara financial serta dipertemukan dengan pasar," imbuhnya.

Founder UPRintis ini mengaku telah upayakan baik dari anggaran APBD sendiri, melalaui 5.000 pengusaha baru di Kabupaten Trenggalek. Termasuk dibantu oleh beberapa NGO.

Halaman Selanjutnya
img_title