Soal Pelaku Penembakan di Tol Waru dan Surabaya, Porgasi: Bukan Anggota Kami

Ketua Harian Porgasi Jatim Siswadi Siswo Pranoto (kiri) saat bersama petugas SAR di Surabaya
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Persatuan Olahraga Airsoft Gun Indonesia (Porgasi) Cabang Jawa Timur mengeluarkan pernyataan terkait penembakan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) menggunakan airsoft gun di Tol Waru dan kawasan Wiyung Kota Surabaya, beberapa waktu lalu.

KA Pasundan Dilempar Batu Sekelompok OTK di Surabaya, 2 Penumpang Terluka

Ketua Harian Porgasi Jatim, Siswadi Siswo Pranoto menegaskan bahwa terduga pelaku penembakan misterius bukan anggotanya. 

Siswadi mengaku sudah menerima informasi mengenai identitas terduga pelaku penembakan, yakni pria berinisial NB atau AB (50), warga Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo yang kesehariannya tinggal di Lidah Kulon, Kota Surabaya. 

2 Mahasiswa Pelaku Penembakan di Tol Waru dan Surabaya Diberhentikan dari Kampus

"A1 bukan anggota kami. Kemarin dapat informasi nama pelakunya, kemudian kami konfirmasi anggota kita atau bukan. Kita cek di data base, nggak ada nama tersebut," kata Siswadi kepada VIVA Jatim, Sabtu, 25 Mei 2024.

Karena itu, kata dia, Porgasi Jatim tidak bertanggung jawab atas segala bentuk penyalahgunaan airsoft gun di lapangan.

Meniru Game Perang, Alasan 3 Tersangka Penembakan di Tol Waru dan Surabaya

Menurutnya, senjata jenis ini merupakan replika yang semestinya hanya dipakai sebagai alat olahraga, alat latih dan simulator untuk kegiatan perlombaan olahraga. "Unit airsoft [gun] bukan alat untuk membela diri," lanjut dia.

Ia memastikan bahwa setiap anggotanya akan membawa dan mobilisasi unit airsoft dengan aman menggunakan hardcase (pelindung keras) maupun softcase (pelindung lunak) sehingga tidak siap digunakan hingga sampai di tujuan.

Halaman Selanjutnya
img_title